Pimpin Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-61, Plt. Bupati Pemalang : Mengabdi Tanpa Batas Berbagai Bidang

Daerah1390 Dilihat

Reformasiaktual.com//Pemalang- Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Pemalang menggelar Upacara Peringatan Hari Pramuka ke- 61 Tingkat Kabupaten Pemalang yang dilaksanakan di Alun-alun Kabupaten Pemalang, Selasa (30/8/2022).

Plt. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, S.T.,juga selaku pembina upacara dalam amanatnya saat menyampaikan pidato dari Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso, mengajak untuk bersyukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, atas nikmat dan berkahnya dapat berkembang bersama Gerakan Pramuka.

“Tanggal 14 Agustus, anggota Gerakan Pramuka Indonesia bersuka cita karena organisasi kepanduan Praja Muda Karana genap berusia 61 tahun yang sekaligus diperingati sebagai 110 tahun keberadaan gerakan kepanduan di bumi Indonesia,” tutur Mansur.

Berkaitan dengan tema utama peringatan hari Pramuka ke 61 yakni “Mengabdi Tanpa Batas Usia Membangun Ketangguhan Bangsa” diantaranya bahwa itu menunjukkan tekad pramuka untuk terus mengabdi tanpa batas diberbagai bidang.

Mansur Hidayat juga menambahkan pengabdian yang dilakukan adalah bagian dari pendidikan di dalam Gerakan Pramuka. Sejak usia pramuka siaga, adik-adik telah dididik untuk memberikan perhatian terhadap sesama, siap membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan.

“Semua bentuk pengabdian yang dilakukan sejalan dengan kode kehormatan yaitu Dwi Satya dan Dwi Darma untuk pramuka siaga, serta Tri Satya dan Dasa Darma untuk golongan pramuka lainnya,” imbuhnya.

Lebih lanjut Mansur Hidayat dalam sambutannya mengatakan Gerakan Pramuka juga telah melakukan banyak hal membantu mengatasi dan menanggulangi situasi pandemi covid 19. Karena itu ia berharap agar kegiatan tersebut dapat terus dilaksanakan sehingga pandemi covid 19 segera melandai dan lebih leluasa mengadakan kegiatan kepramukaan.

“Terimakasih atas peran serta semua yang terlibat dalam membantu menanggulangi pandemi covid 19 yang dilakukan melalui kegiatan Gerakan Kedisiplinan Nasional,” pungkasnya.

Upacara diikuti sebanyak 1040 orang peserta. Mereka terdiri dari Pramuka Siaga dari sejumlah SD yang ada di wilayah Kwaran Pemalang, Pasukan Penggalang SMP, MTs di wilayah Pemalang, Ambalan Penegak SMA, SMK dan MA di wilayah Pemalang dan beberapa Satuan Karya (Saka) seperti Saka Milenial, Saka Bhakti Husada, Saka Wira Kartika, Saka Bayangkara, Saka Pariwisata Liberti juga Satuan Komunitas (Sako) Ma’arif dari lembaga Ma’arif NU Pemalang, Sako Islam terpadu, Pramuka Luar Biasa dari SLB Negeri , Pramuka Peduli se Kwarcab Pemalang dan satuan pramuka lainnya.

Dalam upacara itu juga dilakukan pemberian tanda penghargaan Lencana Pancawarsa Kwarda Jawa Tengah Tahun 2022 kepada Wakil Ketua Kwarcab Pemalang, Andalan Cabang, Pelatih pembina Pramuka, Ketua Kwartir Ranting Petarukan, Andalan Ranting Petarukan, Andalan Cabang, Pengurus Kwartir Ranting Moga, Kepala Pusdiklab Cabang, Andalan Ranting Petarukan. Pengurus Kwarcab Ulujami, dan beberapa andalan cabang. Pemberian anugrah dilakukan oleh pembina upacara.

 

(USMAN-RA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *