Dapat Bantuan P3-TGAI, Pemerintah Desa Langensari Ucapkan Terimakasih

Daerah480 Dilihat

Banjar//Reformasiaktual com – Pemerintah Desa Langensari Kecamatan Langensari Kota Banjar mendapat bantuan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) Tahun 2022 dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy.

Kegiatan P3-TGAI dilaksanakan untuk mendukung kedaulatan pangan nasional sebagai perwujudan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor strategis ekonomi domestik sebagaimana termuat dalam program nawacita ke-tujuh melalui pemberdayaan masyarakat petani dalam perbaikan jaringan irigasi, rehabilitasi jaringan irigasi dan peningkatan jaringan irigasi secara partisipatif di wilayah pedesaan.

Dalam pelaksanaannya pembangunan pekerjaan peningkatan jaringan irigasi permukaan sebagai pelaksana program P3-TGAI di wilayah Desa Langensari Kecamatan Langensari Kota Banjar Jawa Barat, yang dibiayai dari Dana APBN Tahun Anggaran 2022 sebesar Rp.195 Juta di laksanakan oleh P3A Mulya Rahayu Langensari dan terlaksana dengan baik.

Dari pantauan media di lapangan perbaikan Jaringan Irigasi yang dikerjakan oleh P3A Mulya Rahayu Langensari di Dusun Sidamulya ini dengan waktu pelaksanaan selama 60 Hari tersebut, telah rampung dengan hasil memuaskan dan dapat dirasakan manfaatnya oleh warga masyarakat, khususnya penerima manfaat, yaitu para petani dan pemakai air Irigasi.

Kepala Desa Langensari Yanti di sela-sela kegiatannya ketika di temui media cetak dan online Reformasi Aktual mengungkapkan bahwa ia merasa sangat bersyukur sekali dan memberikan apresiasi serta ucapan terima kasih kepada BBWS Citanduy secara khusus untuk PPK OP II SDA Yahya Joshua Leander, S.I.Kom, M.T, yang telah memperhatikan nasib masyarakatnya para petani.dan pemakai air irigasi di Desa Langensari, ucapnya. Selasa, (29/11/22).

Menurutnya, petani saat ini dapat merasakan, dan menikmati hasilnya dari berbagai macam program Pemerintah, untuk petani mulai dari bantuan alat pertanian, bantuan pupuk, bantuan benih, sampai pada perbaikan Jaringan Irigasi.

Selain itu juga, Kepala Desa Langensari, Yanti di akhir pembicaraan menjelaskan bahwa warganya yang mayoritas bermata pencaharian sebagai petani dengan adanya bantuan P3-TGAI ini jelas sangat terbantu sekali.

P3-TGAI merupakan program padat karya tunai dari kementrian PUPR dalam rangka perwujudan Penguatan Ekonomi Nasional ( PEN) dan untuk memperkuat infrastruktur pedesaan guna mendukung penguatan ekonomi dan pelayanan dasar masyarakat.

“Dengan adanya Program P3-TGAI, sektor pertanian akan lebih mengoptimalkan hasil budi dayanya, sehingga kemakmuran, dan kesejahteraan petani dapat meningkat,” pungkasnya.

(Ajat Sudarjat, S.IP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *