Gubernur Sumatera Barat Buka Grand Launching Visit Beautiful West Sumatera 2023

Kepala Daerah255 Dilihat

Reformasiaktual.com // Bukittinggi – Pesta Rakyat Pedati Ke-12 dan Hari Jadi Kota Bukittinggi Ke-238 yang masih berlangsung hingga akhir tahun 2022, diiringi dengan Grand Launching “Visit Beautiful West Sumatera 2023”. Kegiatan itu dibuka oleh Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah Didampingi Walikota Bukittinggi Erman Safar di Taman Jam Gadang, Sabtu malam (24/12/2022) lalu.

Pada acara Grand Launching itu , juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Sumatera barat, Luhur Budianda, Wawako Bukittinggi Marfendi, Sekdako, Forkopimda Kota Bukittinggi, Ketua Tim Kerja Visit Beautiful West Sumatera 2023 Raseno Arya, Ketua DPRD Bukittinggi, Kapolsek Bukittinggi, serta Direktur BUMN, BUMD dan Para pengunjung di Taman Wisata Jam Gadang.

Dalam sambutannya, Gubernur Sumbar Mahyeldi, menyampaikan, ucapan terima kasih kepada Wali Kota Bukittinggi Erman Safar dan seluruh masyarakat Bukittinggi, dimana terlaksananya acara Provinsi ini, memilih Bukittinggi sebagai Grand Lauching Visit Beautiful West Sumatera.
Untuk itu sebut Gubernur, maka pada awal tahun 2021 itulah kita mencanangkan “Visit Beautiful West Sumatera 2023”.dengan agenda yang telah disusun. Sebab di Sumbar memiliki potensi yang luar biasa, karena memiliki objek wisata dan pilihan wisata yang lengkap, budaya, kuliner dan lainnya.

Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah mengatakan, “Terimakasih kepada w
Walikota dan jajarannya berkerja sama pemerintahan provinsi Hinga terselenggaranya acara ini. Sumbar memang memiliki potensi yang luar bisa, ada banyak objek wisata, bermacam budaya, dan kuliner yang merupakan aset untuk diangkat secara nasional dan Internasional.

Kita juga suda melakukan upaya pembangunan ditahun 2022 ini untuk menunjang pariwisata di Sumbar, seperti pembangunan sarana dan prasarana, di tingkat provinsi dan kabupaten kota, pembangunan jalan sudah kita benahi demi kelancaran transportasi ke daerah-daerah wisata di seluruh Sumbar, mudah-mudahan tahun 2023/ 2024 kita bisa menyelesaikan jalan tol Sicicin” ucap Mahyeldi saat di wawancara oleh Reformasiaktual.

“Dengan ramainya kunjungan wisata di Bukittinggi dan daerah di Sumbar. Pariwisata bisa multi efek, mempercepat pergerakan ekonomi seperti : pertanian, UMKM, kerajinan dan lain-lain, “Alhamdulilah Realisasi APBD Sumbar Tahun Anggaran 2022, masuk ranking 5 secara nasional pada awal bulan Desember 2022 lalu, dengan pencapaian realisasi sebesar 83 persen, tadi sudah saya kalkulasi. Kita optimistis hingga akhir tahun 2022 ini, realisasi bisa melebihi angka 94 sampai 96 persen,” itu sekitar 350 milyar ungkap Gubernur Sumatera Barat.

Sementara Wali Kota Bukittinggi Erman Safar sangat mengapresiasi kegiatan Visit Beautiful West Sumatera 2023.
Dilain itu acara Pedati berdampak kepada Visitor (pengunjung) ke Kota Bukittinggi, yang hampir 10.000 orang setiap harinya.

Tentunya ini menguntungkan untuk peningkatan perekonomian rakyat Sumatra Barat dan kota Bukittinggi khususnya.

Sementara Wali Kota Bukittinggi Erman Safar saat di wawancara mengatakan “Selama 10 tahun terakhir baru tahun ini objek wisata di Bukittinggi, dikunjungi 1,3 juta orang dengan membukukan omset Rp. 26 Milyar, jauh dari tahun 2021 yang hanya Rp.16 milyar, itu terdata didua objek wisata. Sedangkan informasi untuk hotel pada malam ini di Bukittinggi sudah full room 90,2 persen dengan jumlah kamar 2.199 kamar, ditambah 75 Homestay dengan 300 kamar fullbook hingga 92 persen pada hari ini, ”urai Wako.

Erman Safar berharap, dengan adanya Visit Beautiful West Sumatera 2023 itu, dari target visitor 8,7 juta orang yang akan berkunjung ke Sumbar, ditargetkan masuk ke Bukittinggi. Begitu juga berbagi segmen wisata dengan Kabupaten Agam, Payakumbuh, Padang Panjang serta dorongan dari provinsi untuk membangun dan berinvestasi dibidang destinasi wisata, agar pengunjung ke Bukittinggi bisa lebih dari tiga hari menikmati keindahan dan kenyamanan Kota ini.

(Om Jap/ Adju)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *