Milangkala Desa Kertawangi Ke-45 Disambut Ribuan Warga Sangat Antusias Dan Wisatawan Asing

TNI/Polri316 Dilihat

Reformasi aktual.com//Cisarua Bandung Barat.
Memasuki usianya yang ke-45 tahun, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, selalu berupaya melestarikan nilai-nilai tradisi dan budaya lokal sebagai amanat leluhur. Hal itu tercermin dalam acara milangkala Desa, yang menampilkan berbagai kegiatan seperti jalan sehat, Ziarah tembang dan lain sebagainya, Kamis (18/05/2023).

Tokoh Desa Kertawangi, Nana ( 70) pensiunan guru SMP.N Cisarua mengungkapkan, kegiatan milangkala Desa Kertawangi ke-45 ini, sebagai wujud syukur kepada Allah SWT atas nikmat yang telah dianugerahkan kepada Desa dan warganya. Mulai dari kesuburan, kesehatan, beribadah dan sebagainya. Sekaligus sebagai wujud melestarikan kearifan lokal, dengan menghargai para karuhun (nenek moyang), yang telah memberikan kebaikannya untuk Desa Kertawangi.
“Dalam kesempatan ini, kami juga menyampaikan tanda kehormatan kepada para karuhun Desa Kertawangi, bahkan bisa lebih,” Tuturnya.

Menyebutkan, amanat karuhun yang tertuang dalam tujuh kawih sebagai bentuk petuah, di antaranya Sanggolewang (beribadah harus khusu), Sali Asih (harus saling menyayangi, menjaga dan menyelamatkan), Tunggul Kawung (harus kuat menjalankan kehidupan), Engko (hidup dengan nilai kesederhanaan dengan sedikit cukup, banyak bisa menyimpan, dan jangan berpoya-poya).
Kemudian Panangis (harus bisa menghadapi hidup, jangan sampai berakhir pada kesengsaraan), Goyong-Goyong (menjalani kehidupan dengan menjaga kegotongroyongan) dan Raja Pulang (menjadi sosok yang disukai masyarakat dan dikenang seperti Raja). Wejangnya.

Camat Cisarua Drs Taufik Firmansyah M.Si, menyampaikan dalam bahasa Sunda kuno, “Hana nguni hana mangke, tan hana nguni tan hana mangke”, yang berarti ada dahulu ada sekarang, tak ada dahulu tak ada pula sekarang.

“Kegiatan milangkala Desa Kertawangi ke-45, ini merupakan bagian dari mengingat para karuhun. Bagaimanapun semua ini tak lepas ada peran mereka,” ucapnya.

Ia pun menyampaikan terima kasih kepada para sesepuh, Pemerintah Desa, generasi muda dan masyarakat yang masih menjaga nilai-nilai budaya dan tradisi sebagai kekayaan kearifan lokal.

“Melalui kegiatan ini, banyak nilai-nilai kehidupan yang dituturkan leluhur melalui syair kawih, bagaimana menata sebagai diri, menata bermasyarakat dan menata bernegara,” Pungkasnya.

Kepala Desa Kertawangi Yanto Bin (Kang Ewon) menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada segenap warga masyarakat Desa Kertawangi, dan juga panitia yang telah berpartisipasi dalam kegiatan Milangkala Desa Kertawangi ke-45.

“Alhamdulillah hari ini acara Milangkala Desa Kertawangi ke 45 tahun bisa dilaksanakan berkat kerja keras dan kekompakan tim panitia serta partisipasi masyarakat yang begitu luar biasa, Kamis 18 Mei 2023 setelah melepas para peserta Jalan Sehat.

“Jalan sehat merupakan awal dari rangkaian agenda Milangkala Desa Kertawangi 2023. Setelah jalan sehat yang dibuka di Kantor Desa, para peserta finish di lokasi acara yaitu di lapangan Cisarua dan akan dilanjutkan dengan hiburan dan door prize dari para sponsor yang mendukung acara ini,” terangnya

Kang Ewon menambahkan, rangkaian acara berikutnya adalah pada hari Jumat akan melakukan ziarah ke makam para pendahulu Desa Kertawangi ini sebagai rasa hormat kepada para pejabat terdahulu yang meninggalkan kita semua dan puncaknya dalah pada hari Sabtu pagelaran wayang golek bersama Wawan Dede Amung. Tuturnya

Kang Ewon berharap, melalui kegiatan ini masyarakat Desa Kertawangi bisa lebih kompak mengembangkan potensi masyarakat yang ada bisa dimanfaatkan.
“Harapan ke depannya tentu selain menjaga tali silaturahmi, kekompakan akan semakin terbina sehingga potensi baik sumberdaya masyarakat dan alam yang ada di Desa Kertawangi ini bisa lebih cepat berkembang, karena Desa Kertawangi saat ini telah menjadi Desa wisata yang sudah pasti keterlibatan masyarakat menjadi kekuatan tersendiri.

“Terimakasih atas jalinan kerjasama dan supporting dari para pihak yang telah membantu memberikan edukasi UMKM dan pengembangan Desa Wisata kepada masyarakat Desa Kertawangi semoga jalinan ini akan semakin erat dalam membangun, sekali lagi terima kasih kepada sponsor atas kerja samanya mengakomodir memberikan edukasi UMKM seperti Biofarma dan Aice, pungkasnya

( Aan iyus RA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *