Pemerintah Kabupaten Probolinggo Gelar Upacara Memakai Baju Adat Indonesia

TNI/Polri665 Dilihat

Reformasiaktualnews.com//Probolinggo-Untukmu IndonesiaKu segenap Jajaran Pemerintah kabupaten probolinggo jawa timur indonesia semangat melaksanakan upacara hari lahir pancasila pada hari kamis pagi ( 1 juni 2023 )

Upacara tersebut di pimpin oleh Wakil bupati probolinggo Drs. H.A. Timbul Prihanjoko, bertempat di Alun Alun Kota Kraksaan depan Gedung Kembar Kantor Bupati Probolinggo bertema ” Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global “

Sesuai Logo Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023 Yang Memiliki Makna dan Arti Sebagai Berikut:

  1. Keberadaan ikon Masyarakat dalam logo Hari Lahir Pancasila 2023 Melambangkan Semangat Gotong Royong dan Peradaban Manusia.
  2. Keberadaan tanda panah ke atas melambangkan pertumbuhan Global dan Indonesia ikut serta di dalamnya.
  3. Keberadaan ilustrasi Burung Garuda Melambangkan simbol negara atau falsafah negara Indonesia berupa Pancasila. Selain itu juga Melambangkan Semangat juang bangsa Indonesia berdasarkan Pancasila dalam membangun kepentingan nasional sampai ke ranah Global.
  4. Keberadaan Sayap berjumlah lima helai yang Melambangkan nilai-nilai Pancasila yang terkandung dalam lima butir Pancasila.
  5. Logo membentuk lingkaran yang bermakna peradaban dunia.

Upacara Hari Lahir Pancasila di Alun Alun Kota Kraksaan kali ini, Wakil Bupati Probolinggo Drs. H.A Timbul Prihanjoko, Bertindak Sebagai Inspektur Upacara Dan Yang Bertindak sebagai Komandan Upacara Adalah Camat Besuk Puja Kurniawan, S. STP. M.Si, Sementara perwira upacara adalah Plt Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Probolinggo dr Mansur.

Sebagai Pembaca Naskah Pansasila adalah Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo, kemudian Pembaca Naskah Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 adalah Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto, Pembaca Doa dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo, Pengibar Bendera Merah Putih adalah Purna Paskibraka Kabupaten Probolinggo dan Korps Musik oleh Gita Wibawa Praja.

Kegiatan ini di ikuti oleh karyawan/karyawati di lingkungan Pemkab Probolinggo dan di hadiri oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Probolinggo, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto serta para pejabat di lingkungan Pemkab Probolinggo, Pimpinan Instansi vertikal, BUMN/BUMD, Organisasi kemasyarakatan, Organisasi profesi dan Organisasi pemuda serta Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat di Kabupaten Probolinggo.

Dalam Sambutannya Wakil Bupati Probolinggo, Menyampaikan Sebagai bangsa besar kita tidak akan meninggalkan Sejarah Presiden RI Pencetus Proklamasi yaitu Bapak Ir. H. Soekarno yang disebut “Jas Merah”. Untuk Menghormati jasa Pendiri bangsa sekaligus untuk meneguhkan komitmen terhadap ideologi negara, karena itulah kita Memperingati Hari Kelahiran Pancasila.

“Dengan Memperingati Hari Lahir Pancasila ini, Kita sebagai Generasi penerus bangsa turut Membangun Kebersamaan dan Harapan untuk Menyongsong Kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. Pancasila sebagai Jati diri Bangsa serta tuntunan mengandung visi dan misi negara yang memberikan orientasi, arah perjuangan dan pembangunan bangsa ke depan serta memberikan harapan dalam merealisasikan visi dan misi bangsa Indonesia. Kita Indonesia, kita Pancasila adalah sosok yang percaya diri dan Optimis dalam menatap Masa Depan Bangsa yang Maju, Adil dan Makmur,”

Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan hidup bangsa yang di Gali oleh para pendiri bangsa merupakan anugerah tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa. Pancasila sebagai suatu Keyakinan dan Pendirian yang Asasi harus terus di perjuangkan. Keberagaman Kondisi Geografis, Aspek Antropologis dan Sosiologis Masyarakat hanya dapat di rajut dalam Bingkai Kebangsaan. ” UcapNya Dalam Sambutan “

Saat Kami Konfirmasi Kepada Camat Besuk Puja Kurniawan, S. STP. M.Si, Menjelaskan Sebagai Generasi Penerus Indonesia, Kita Musti mengingat para leluhur, para pahlawan pahlawan pendiri bangsa indonesia yang telah berjuang demi kemerdekaan indonesia, Lebih dari 300 tahun kita di jajah oleh bangsa lain, kini sebagai Generasi Muda penerus bangsa wajib mempertahankan bumi ibu pertiwi ini dan melestarikan Alam indonesia, Dan Sebagai Generasi Muda Milenial teruslah berkarya, berkreatif, berinovasi dalam konsep hal positif yang bisa membawa Nama harum indonesia ke kancah dunia internasional dan Generasi Muda indonesia jadilah sang Legenda indonesia berikutnya ( Become a Legend Indonesian ). ” PungkasNya “

Mauzun & Tim Probolinggo Jawa Timur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *