Sekolah Bukittinggi Baralek Gadang

Daerah723 Dilihat

Reformasiaktual.com/ / Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Bukittinggi mengadakan “Sekolah Bukittinggi Baralek Gadang”, kegiatan di laksanakan di bawah Gapura Adat Basandi Syarak Syarak Basandi Kitabullah (ABS SBK) simpang kangkung jalan Sudirman kota itu, Kamis (22/6/2023).

Sekolah Bukittinggi Baralek Gadang mengangkat tema, “Festival Talempong Pacik dan Padat Karya”. Ini merupakan wujud nyata dari visi kota Bukittinggi.

Yakni ciptakan Bukittinggi Hebat berlandaskan ABS SBK, yang diterjemahkan ke dalam muatan lokal pendidikan karakter budaya alam Minangkabau.

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Ini merupakan implementasi grup sekolah, dimana sekolah, pengawas, guru-guru, kepala sekolah dan dinas pendidikan telah berkomitmen mengambil merdeka berubah mandiri.
Yang mana di dalam kehidupan sehari-hari kita diberikan kebebasan dalam melaksanakan kegiatan untuk pengamalan sila dari Pancasila.

Walikota Bukittinggi Erman Safar dalam sambutanya “terlihat apik dan profesional penampilan siswa/i sekolah hari ini dengan apa yang dipertontonkan”.

Program Wako Erman saat ini memang sedikit memaksakan untuk dari kecil sudah harus kenal budaya.

“Karena tidak ada artinya tulisan ABS SBK kalau tidak ada implementasi dalam kesenian, kehidupan dalam berinteraksi sosial, tanda kita anak-anak Minangkabau kota Bukittinggi tentunya,” ujar Erman.

Dari beberapa penampilan Seni anak-anak sekolah Walikota memuji, dengan hanya belajar lebih kurang satu bulan mampu mempertontonkan atraksi kesenian seperti pencak silat.

“Ini tidak dilakukan oleh kota/ kabupaten se sumatera barat, mungkin hanya kota Bukittinggi yang berkolaborasi dengan seluruh sekolah,” kata Erman.

Artinya, ekosistem wisata kita sudah ready (siap), sekolah, pendidikan sudah langsung mengisi ekosistem wisata kota ini, tidak hanya kelompok sanggar, kelompok seni, tapi juga mengangkat nilai jual Bukittinggi.
(Adju)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *