Festival Olah Raga Tradisional Tingkat Sekolah Dasar Se-kabupaten Bandung Barat 2023

Daerah622 Dilihat

Reformasi aktual.com//Cisarua Bandung Barat-
Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan membuka secara resmi Festival Olahraga Tradisional dalam rangka Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang digagas oleh Komite Olahraga dan Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Bandung Barat yang dilaksanakan di Lapang Sepak Bola Cisarua, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (27/06/2023)

Bupati Hengky Kurniawan mengatakan, Festival itu merupakan bukti bahwa seluruh masyarakat yang ada di tempat ini memiliki tekad yang sama untuk melestarikan olahraga tradisional yang kita miliki, sebagai bagian dari kearifan lokal yang harus terus dipelihara dan dikembangkan.

“Karena itu, pelaksanaan Festival ini, merupakan wadah yang tepat, selain untuk memelihara silaturrahim, menguatkan komitmen dan semangat sinergitas kita, juga sebagai bentuk pengembangan sektor olahraga,” Tuturnya

Lebih lanjut Kang Hengky Kurniawan mengatakan, kegiatan ini tidak hanya bertujuan sebagai media membangun kembali olahraga tradisonal, akan tetapi juga menjadi sarana hiburan bagi masyarakat, edukasi dan rekreatif.

“Saya berharap ini berkelanjutan dan terus dikembangkan dengan menggali berbagai olahraga tradisional yang dulu biasa dimainkan oleh generasi di tahun 1970 hingga 1990. Kembangkan untuk bersinergi dengan kemajuan olahraga modern.

Festival olahraga tradisional adalah cabang olahraga yang sedang digalakkan oleh Pemkab Bandung Barat jenjang sekolah Dasar. Bupati Hengky Kurniawan berharap, kegiatan tersebut dapat menyaring bibit-bibit atlet yang akan mewakili Kabupaten Bandung Barat di tingkat provinsi dan bahkan nasional. Harapnya.

Festival olahraga tradisional ini juga merupakan bagian dari tahapan Pornas nanti pada 2023, yang kita mulai dari tingkat Kabupaten untuk jenjang SD ( Sekolah Dasar)

Bupati Hengky Kurniawan, mudah-mudahan nantinya bisa menyaring bibit-bibit atlet yang akan mewakili Kabupaten Bandung Barat di ajang tingkat Provinsi Jawa Barat, Mudah-mudahan juga bisa mewakili provinsi Jawa’Barat di tingkat nasional,” harapnya.

Hengky Kurniawan juga berharap, Festival’ tersebut menjadi sarana sosialisasi bagi anak-anak didik sebagai generasi penerus bangsa, sekaligus sebagai upaya melestarikan olahraga tradisional.
“Dengan banyaknya kegiatan seperti, sosialisasi olahraga tradisional akan semakin populer di masyarakat sekaligus juga melestarikannya,” Pungkasnya .

Kadispora Kabupaten Bandung Barat Imam Santoso mengatakan, semua sekolah yang sudah melakukan Bimtek dan menerima bantuan alat ortrad harus melakukan sosialisasi dan prakteknya kepada para siswanya.

Imam berharap, pemberian alat ortrad ini diharapkan bisa mengurangi kecanduan generasi muda terhadap gadget yang berlebihan. Disamping itu, dengan adanya program pemberian alat ortrad ini nantinya harus berdampak pada minat generasi muda di Kabupaten Bandung Barat untuk kembali mengenal dan memainkan olahraga tradisional di Kabupaten Bandung Barat.

Sementara itu, Ketua KORMI (Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) Kabupaten Bandung Barat Bunda Sonya Fatmala, mengatakan bahwa Invitasi Olahraga Tradisional tingkat Sekolah Dasar (SD) tahun 2023 ini diikuti oleh Sekolah Dasar se-kabupaten Bandung Barat.

“Kegiatan invitasi ini diikuti dari jenjang Sekolah Dasar( SD) se-Kabupaten Bandung Barat dan diharapkan bisa menjaring atlet-atlet unggul yang nantinya bisa mewakili Kabupaten Bandung Barat menuju provinsi,” Ujar Bunda Sonya

Bunda Sonya Fatmala Ketua KORMI Kabupten Bandung Barat melalui olahraga tradisional ini dapat membudayakan pola hidup sehat masyarakat Kabupaten Bandung Barat, karena dengan pola hidup sehat ini resiko terjangkitnya penyakit akan rendah.

“Marilah kita lakukan olahraga ini bersama-sama karena melalui olahraga kita dapat menjaga kebugaran dan kesehatan kita, sehingga jiwa kitapun akan sehat pula, seperti kata pepatah yang mengatakan di dalam tubuh yang sehat akan berkembang jiwa yang sehat pula,” ungkapnya

Hadir pula dalam acara tersebut Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan, Ketua KORMI Bandung Barat Bunda Sonya Fatmala Kadispora Imam Santoso, para Camat se-kabupaten Bandung Barat, Kapolsek Cisarua yang diwakili Kanit Babinkamtibmas AKP Yayat, Koramil Cisarua Kapten Dede Suryana dan tamu undangan lainnya.

Jenis lomba dalam Invitasi Olahraga Tradisional antara lain ketepel, sumpitan, egrang, lari balok (bakiak), terompah panjang, dagong, dan lain sebagainya

+Journalist Aan iyus RA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *