Sambut Tahun Baru Hijriah, Ribuan Orang di Pangandaran Pawai Obor

Daerah442 Dilihat

Reformasiaktual.com//Sambut tahun baru 1445 hijriah, ribuan warga di Pangandaran mengelilingi perkampungan dengan pawai obor.

Penyambutan tahun baru hijriah ini di laksanakan di wilayah Desa Ciganjeng Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran, Selasa (18/7/2023) malam.

Saat pawai obor berlangsung, terlihat mereka yang didominasi anak-anak mengelilingi perkampungan sembari membawa obor.

Sementara, obor tersebut terbuat dari bahan dasar batang bambu, minyak tanah dan sumbu kapas.

Setelah melakukan pawai obor, mereka membuat lingkaran dan membentuk angka 1445. Yang dimana, angka tersebut merupakan tahun baru umat Islam.

Penyambutan tahun baru hijriah ini dimeriahkan dengan pembagian door prize alakadarnya dari para donatur yang sudah ditampung oleh panitia pelaksana.

Bukan hanya di Desa Ciganjeng, pawai obor ini juga dilaksanakan ribuan peserta dibeberapa Desa di wilayah Kabupaten Pangandaran.

Satu peserta yang mengikuti pawai obor, Iwan mengatakan, pawai obor ini menjadi tradisi dan budaya di tempatnya.

“Ini tahun baru kita sebagai umat Islam yang tentu sudah menjadi tradisi dan kedepan acara seperti ini harus dijaga,” ungkapnya disela sela memperingati tahun baru umat Islam.

Dia bersyukur, setiap menyambut tahun baru umat Islam di tempatnya ini selalu meriah.

“Alhamdulillah, selalu ramai. Anak-anak juga antusias. Ini, dilaksanakan di dua tempat di wilayah Desa Ciganjeng. Kalau orang atau pesertanya dihitung mungkin ada sekitar 1500’an,” ungkap Iwan.

( Dirman RA )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *