Gebyar Karnaval Menyambut Kemerdekaan RI ke-78 di Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat

Daerah571 Dilihat

Reformasiaktual.com//Gebyar Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-78 Kecamatan Parongpong berlangsung meriah, Gebyar dengan tema “Terus Maju untuk Indonesia Maju” di halaman Kantor Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat,”
Rabu ( 16/08/2023)

Karnaval HUT Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia (RI) di Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat (KBB) berlangsung meriah, Ribuan masyarakat ikut tumpah ruah ke jalan bersama peserta.

Rute karnaval dimulai dari masing-masing Desa menuju Kantor Kecamatan Parongpong, Selama berlangsung karnaval, lalu lintas menuju Kota Lembang, jln ledeng Bajuri dan Bandung s Setia Budi dari berbagai arah nyaris lumpuh.

Salah seorang warga dari Padalarang tujuan Lembang Subang Supardi (50) terjebak di Jalan Kolonel Masturi, Kecamatan Parongpong selama hampir 3 jam, namun di pertengahan jalan terjebak kemacetan panjang jadinya mati kutu.

“Supardi tidak tahu kalau Rabu siang ada karnaval di Parongpong dan Lembang tahu begini, lebih baik saya batalkan selama 3 jam total gak jalan.

Untuk mengurai kemacetan, diberlakukan rekayasa lalu lintas. Namun, kemacetan tak bisa terhindarkan pasalnya jalur utama ke Lembang ditutup untuk peserta karnaval, jalur Cihanjuang Cimahi sama lumpuh.

Puluhan petugas gabungan dari Polsek Cisarua dan Koramil, Dishub, Satpol PP dan di bantu oleh Kaveleri dilibatkan untuk mengatur lalu lintas, tapi tetep aja macet total, lalu lintas baru bisa kembali normal sekitar pukul 13.30 WIB.

Sementara karnaval melibatkan ribuan peserta yang berasal dari berbagai elemen. Terlihat ada dari pelajar, komunitas, Karang Taruna, ormas, dan warga dari 7 desa se-Kecamatan Parongpong.

Kemeriahan terasa karena peserta karnaval menampilkan berbagai karakter boneka raksasa, drum band, kendaraan hias, sapi-spian, Naga-nagaan, babi hutan dan sebagainya.

Panas terik matahari yang menyengat tak membuat peserta karnaval kelelahan, malah sebaliknya tetap semangat. begitupun ada juga perlserta karnaval yang kesurupan dengan masyarakat yang menonton tetap antusias tak menghiraukan sengatan matahari.

Ketua Panitia Karnaval , Dadan Kepala Desa Karyawangi mengatakan, karnaval diikuti sekitar ribuan peserta yang berasal dari berbagai penjuru Kecamatan Parongpong, Mereka antusias mengikuti kegiatan yang digelar untuk merayakan Kemerdekaan RI ke-78,” Alhamdulillah peserta karnaval sangat antusias, karnaval tahun ini lebih meriah dibandingkan tahun-tahun kebelakang,Mereka tak menghiraukan panas terik matahari,” Ujar Kades Dadan.

Ketua pelaksana Dadan mengucapkan berterima kasih kepada peserta karnaval dan juga masyarakat yang begitu antusias. Bahkan, banyak warga yang datang dari berbagai pelosok sudah dari pagi sampai siang menunggu di pinggir jalan yang akan dilintasi peserta karnaval.

Dadan memperkirakan warga yang datang ke lokasi karnaval ditaksir lebih dari 10 ribu orang. Saking banyaknya, warga tidak tertampung dipinggir jalan sampai-sampai dimasukan ke halaman Universitas Adven saking banyaknya masyarakat yang pingin menyaksikan karnaval.

Kemeriahan karnaval membuat Camat Parongpong tidak henti-hentinya melambaikan tangan, sungguh luar biasa, ini sungguh meriah. Saya salut dengan kekompakan warga Parongpong dalam memeriahkan, menyukseskan karnaval, Inilah wujud dari semangat gotong-royong yang telah membudaya di masyarakat kita,” Ungkap Herman Camat Parongpong.

Gagan Wirahma Apdesi Kabupaten Bandung Barat juga sebagai Kepala Desa Cihanjuang, Kecamatan Parongpong, sangat bangga melihat masyarakatbmembudaya menyaksikan karnaval tahun ini sangat Gebyar sangat meriah, luar biasa beda dengan tahun-tahun kebelakang.
Masyarakat pun mungkin udah tahu bahwa Gagan Wirahma salah satu Kepala Desa Cihanjuang, dari para tokoh Agama, tokoh masyarakat maupun sejawat mendukung untuk maju dipilkada 2024.

Journalist Asep eker RA Asep Abdurrahman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *