Pembangunan Drainase Desa Tanjung Harapan Libatkan Warga Masyarakat Melalui Program PKTD

Daerah628 Dilihat

Reformasiaktual.com//LAMPUNG SELATAN- Prioritas Dana Desa 2021 berdasarkan Permendesa PDTT 13 tahun 2020 salah satunya adalah Padat Karya Tunai Desa (PKTD)

Padat Karya Tunai (Cash for work) merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat desa khususnya yang miskin dan marginal yang bersifat produktif dengan mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan tehnologi lokal untuk memberikan tambahan upah/pendapatan, meningkatkan daya beli, mengurangi kemiskinan, dan sekaligus mendukung penurunan angka stunting.

Padat Karya Tunai Desa dalam pelaksanaan Dana Desa diharapkan dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar, dengan memberikan honorarium (upah) langsung tunai kepada tenaga kerja yang terlibat, baik secara harian maupun mingguan, sehingga dapat memperkuat daya beli masyarakat, meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Hal tersebut yang disampaikan Undang selaku kepala Desa Tanjung Harapan Kecamatan merbau Mataram disela – sela pelaksanaan pembangunan drainase di dusun Tanjung Harapan senin, (08-11-2021).

Pembangunan drainasi sepanjang 64 meter tersebut dikerjakan dengan melibatkan masyarakat Dusun Tanjung Harapan melalui program padat karya tunai desa.

Undang berharap dengan dibangun nya drainase tersebut dapat mengatasi genangan air supaya lebih lancar, sehingga lingkungan masyarakat terhindar dari banjir.

Pembangunan drainase tersebut turut disaksikan dan dihadiri oleh Camat Merbau Mataram, KUPT PU, kasie Ekobang, Babinsa, Babinkamtibmas, Pendamping Desa dan Kecamatan Merbau Mataram.

 

(Tabrani )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *