Pimpin Upacara HKN, Bupati Sergai: “Camat dan Kades Harus Siap Siaga Jaga Wilayahnya

Daerah267 Dilihat

 

Reformasiaktual.com//SERDANG BEDAGAI-Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menggelar upacara yang dilaksanakan di halaman apel Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Senin (22/11/2021).

Dalam arahannya selaku Pembina Upacara, Bupati Sergai H. Darma Wijaya berharap target pelaksanaan program vaksinasi di Tanah Bertuah Negeri Beradat bisa segera tercapai demi menciptakan herd immunity.

“ Saya mengajak seluruh pihak terkait, terutama para tenaga kesehatan, untuk maksimal bekerja dalam mengentaskan pandemi Covid-19 lewat implementasi vaksinasi. Diharapkan sampai akhir tahun ini, target 70% bisa sama-sama kita capai,” ucapnya.

Bang Wiwiek, sapaan akrab Bupati, mengatakan agar beberapa kecamatan yang belum memenuhi capaian bisa meningkatkan vaksinasi lewat metode door to door dengan hadir langsung ke kediaman warga yang belum divaksin.

Bupati mencontohkan Kecamatan Dolok Masihul yang persentase vaksinasinya cukup tinggi. Hal ini, sebutnya, karena soliditas dan kerja sama yang dijalin, mulai dari Kepala Puskesmas, Kepala Desa dan stakeholder lainnya.

“ Kita harus bahu-membahu menuntaskan permasalahan Covid-19 ini. Kalau bisa tahun depan kita tidak lagi berkutat di pandemi, tapi sudah maju, bergegas bicara soal pembangunan dan pemulihan ekonomi di bumi Sergai,” ucapnya lagi.

Secara khusus Bang Wiwiek mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada para tenaga kesehatan yang telah berada di garda terdepan dalam proses percepatan penanganan pandemi di Sergai.

“ Selain pandemi, saat ini kita juga menghadapi tantangan yang tak kalah besar yaitu bencana banjir yang menimpa saudara-saudara kita di beberapa kecamatan. Di sini juga saya meminta kepada tenaga kesehatan untuk ikut turun memberi layanan kesehatan terbaik kepada para korban banjir,” tutur Bupati.

Bupati menerangkan, saat ini ada 5 kecamatan yang terdampak bencana banjir di Sergai yaitu Sei Rampah, Tanjung Beringin, Dolok Masihul, Tebing Tinggi dan Sipispis.

“ BMKG meramalkan curah hujan masih akan tinggi. Kita mesti waspada terhadap kemungkinan terburuk meluasnya banjir, utamanya di Kecamatan Bandar Khalipah. Saya titip pesan kepada Camat dan Kades supaya siap siaga dalam menjaga wilayahnya,” pungkas Bupati.

Upacara HKN kemudian dilanjutkan dengan penyerahan piala dan sertifikat pemenang kepada puskesmas yang memenangkan lomba yang digelar dalam rangka HKN. Kemudian dalam kesempatan ini disematkan juga selempang dan rompi kepada Ketua TP-PKK Kabupaten Sergai Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya sebagai Duta TBC dan Ketua GOPTKI Ny. Hj. Aini Zetara Adlin Tambunan sebagai Duta Stunting. Acara kemudian ditutup dengan pemotongan nasi tumpeng.

Hadir dalam Upacara HKN Wakil Bupati Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, Sekdakab Sergai H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, para Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, para Camat dan Kepala Puskesmas se-Sergai.

 

(Rizky Zulianda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *