IBU” PKK DESA CIROYOM KECAMATAN CIPENDEUY KABUPATEN BANDUNG BARAT PELATIHAN DAN EVALUASI PRODUK NUGGET BERSAMA YAYASAN PUTRI HABIEBIE DI JAKARTA

Daerah576 Dilihat

 

Reformasi aktual.Com// Kabupaten Bandung Barat- Pelatihan dan evaluasi produk Nugget Desa Ciroyom bersama Yayasan Putri Habibi JKT 49022, meluncurkan Nugget Ikan Ciroyom, produk kreasi Kelompok Ibu-ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Ciroyom, Kecamatan Cipendeuy, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, di Jakarta. Minggu ( 04/ 08 / 2022 )

Nugget Ikan Ciroyom dipasarkan melalui jaringan e-commerce lokal, mulai hari ini. Produk Nugget Ikan Ciroyom merupakan nugget yang dibuat dari campuran ikan patin segar dan sayuran, yang masing-masing berasal dari tangkapan nelayan dan panen petani lokal.

Nugget Ikan Ciroyom, yang tidak mengandung bahan pengawet dan MSG, dibuat oleh Kelompok Ibu-ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Ciroyom, Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, di bawah pembinaan Yayasan Berdaya Putri Habibie milik Putri Habibie di Jakarta.

Produksi dan pemasaran Nugget Ikan Ciroyom merupakan bagian dari fase kedua program “Pangan Lokal Bergizi” (PLB), program utama yang diusung Yayasan Berdaya Putri Habibie. Fase kedua ini berjalan menyusul fase pertama berupa penyuluhan gizi dan kelas praktik memasak berbahan dasar hasil budidaya ikan lokal, yang digelar pada Januari 2022,” 7 bulan sudah berlalu, namun semangat para ibu-ibu di Desa Ciroyom masih tetap semanget pingin terus mengembangkan bakatnya.

” 7 bukan berlalu, selama rentang waktu itu, mereka giat mempraktikkan ilmu gizi dan memasak yang sudah didapat, di rumah masing-masing, dan sekarang di jakarta ikut pembinaan dan evaluasi produk Nugget ikan di Yayasan Berdaya Putri Habibie, dan nanti hasil dari pembinaan dan bimbingan ilmu ini akan dikembangkan terus, melewati tahap pengembangan dan uji coba resep, Nugget Ikan Ciroyom akhirnya sudah bisa dipasarkan.
Dengan peran sentral ikan patin sebagai komoditas utama Desa Ciroyom, peluncuran Nugget Ikan Ciroyom akan terus tambah sukses.

Bertepatan dengan milangkala Desa Ciroyom, Kecamatan Cipendeuy, Kabupaten Bandung Barat.peluncuran Nugget Ikan Ciroyom di marketplace lokal juga berlangsung dalam rangka Hari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Nasional, yang jatuh pada 12 Agustus 2022.

Pelatihan dan pembinaan evaluasi produk Nugget bersama yang dilakukan oleh Yayasan Berdaya Putri Habibie mulai dari pengembangan resep, perhitungan modal dan proyeksi usaha, strategi pemasaran, pengadaan alat memasak, hingga asistensi keperluan desain dan materi promosi produk juga kreasi olahan ikan patin ini diharapkan dapat menjadi produk oleh-oleh khas Desa Ciroyom, Kecamatan Cipendeuy Kabupaten Bandung Barat dan mendorong kemajuan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal.

Kegiatan program,” Pangan Lokal Bergizi,” ( PLB) Desa Ciroyom dengan Yayasan Berdaya Putri Habiebie, diberikan kelancaran dan tidak luput terlaksana program ini, berkat dukungan penuh dari Kepala Desa Ciroyom H. Wawan Suwandi, dan dengan komunikasi erat terjalin antara Yayasan Berdaya Putri Habibie, Kepala Desa Ciroyom H. Wawan, serta ibu-ibu dari Kelompok PKK Desa Ciroyom selaku pelaku usaha dan juga seluruh pihak bersama-sama membangun strategi untuk memasarkan produk Nugget Ikan Ciroyom sebagai oleh-oleh khas Ciroyom, program ini nantinya bisa dicontoh buat Desa yang lain Kabupaten Bandung Barat khusus nya.

( Journalist Reformasi aktual. Com)
Aan iyus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *