Sanitasi Perpipaan Desa Wira Jaya Sudah Sesuai Juknis

DESA255 Dilihat

 

Reformasiaktual.com//MESUJI-
Sanitasi sangat penting supaya kondisi kesehatan dan lingkungan masyarakat tetap terjaga. Oleh sebab itu pemerintah, mulai di tingkat pusat hingga daerah, fokus pada pembangunan sanitasi,” rabu(14/09/2022).

Sejalan dengan program Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yakni Program Seratus Nol Seratus yang mencakup 100 persen sambungan air bersih, nol persen kawasan kumuh dan 100 persen sanitasi.

Program pembangunan tersebut hingga dirasakan oleh Pemerintah Desa Wira Jaya Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Mesuji, yang dikerjakan secara swaklola dengan pagu Anggaran sebesar Rp.305.000.000.

Maulani selaku KKM mengatakan sanitasi sangatlah penting untuk menciptakan hidup yang sehat. Betapa tidak, apabila sanitasi buruk maka negara juga bakal merugi sebab tidak sedikit anggaran yang ditelan untuk membenahi sanitasi agar menjadi lebih layak. Sanitasi yang buruk menjadi sumber penyebab berbagai penyakit. Oleh sebab itu kesehatan di lingkungan masyarakat pentingnya air bersih.
“Kita akan secara kontinyu menjaga lingkungan agar tidak tercemar dan menjaga kualitas air,” ungkapnya.

 

Dengan melibatkan setiap komponen masyarakat dan secara komunal melalui pendampingan teknis, ia berharap program ini berjalan sukses. Seluruh infrastruktur dan fasilitas yang dibangun tersebut, tidak terlepas dari dukungan masyarakat.

“Pembangunan sanitasi ini sangatlah penting karena pemulihan ekonomi tidak hanya berbicara terkait uang, akan tetapi kesehatan menjadi salah satu faktor utama dalam upaya pemulihan pasca pandemi Covid-19,” jelasnya.

“Jadi selain masyarakat bisa mendapatkan sumber air bersih, mereka juga mendapatkan upah dari pengerjaannya karena masyarakat turut mengerjakan bersama untuk program ini”.

Alhamdullilah pengerjaan sudah hampir 100 persen, telah kami kerjakan sesuai juklak-juknisnya dan tak luput dari pengawasan dinas terkait.

“Kita berharap masyarakat bisa menjaga infrastruktur dan memanfaatkan yang telah kita bangun ini,” tutup Maulani.

 

(Roni))

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *