Peresmian Sekolah Lansia (LATULIP) Lansia Tangguh Lincah dan Produktif

PENDIDIKAN349 Dilihat

Reformasiaktual.com // Kabupaten Bandung Barat- Suatu kebanggaan dengan adanya program dari STI Kes Budi Luhur Cimahi, juga indonesia ramah lansia (I R L) untuk pertama kali ada di Desa Galang gang, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Mudah mudahan kegiatan seperti ini tidak hanya untuk di Desa Galanggang saja. Karena terus terang warga masyarakat berdasarkan dari data jumlah penduduk sebanyak (seratus sepuluh ribu) itu mungkin ada 30% lansia. Hasil kunjungan atau survey warga Batujajar oleh Camat Deden Mulyadi, S.Sos. Harus banyak sekali sentuhan baik dari balita sampai lansia.

Kenapa sampai seperti itu karena disampaikan oleh Camat Batujajar bahwa wilayah ini mempunyai ke istimewaan tersendiri dengan jargon,” Byongcolang.

Kegiatan ini adalah pembukaan sekolah lansia sebagai bentuk kolaborasi antara pendidikan STI Kes Budi luhur Cimahi dengan Pemerintah Daerah Kecamatan Batujajar Desa Galanggang dan juga Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat. Serta Indonesia Ramah Lansia ( I R L), untuk membuat sekolah lansia ini menjadi sebuah wadah mengakomodir para lansia yang ingin tetap produktif sehat mandiri dan aktif. Sehingga lansia dapat menjadi kebanggaan dan menjadi agent to change dan untuk dapat di sosialisasikan pada lansia yang lain.

Langkah selanjut nya adalah peresmian dalam hal ini dikelola oleh program studi D3 keperawatan STI Kes Budi luhur Cimahi yang memiliki unggulan kedalam perawatan lansia. Terdapat satu angkatan yaitu pertama sebanyak 40 orang, setiap sebulan sekali akan dilakukan kelas selama 12 bulan untuk pembelajaran bagaimana supaya lansia sehat supaya lebih produktif di lingkungan serta adanya jadwal ujian dan melaksanakan wisuda supaya para lansia tetap semangat dalam melaksanakan tolabul ilmi sampai akhir hayat ujar Sri Wahyuni (ketua STIKes Budi Luhur Cimahi)

Reini Astuti (dosen D3keperawatan ) mengungkapkan sebetulnya sekolah lansia ini baru pertama di Kabupaten Bandung Barat sesungguhnya sudah lama di rintis oleh direktur IRL (Indonesia ramah lansia) dari tahun 2019 pusatnya di jogjakarta kemudian dikembangkan di seluruh propinsi termasuk Jawa barat dan ada beberapa kabupaten di Jawa barat yang sudah berjalan yaitu kota Bandung. Kabupaten Bandung sekarang baru di rintis di Kabupaten Bandung Barat,” tegasnya.

launching sekolah lansia ini merupakan yang pertama di Kabupaten Bandung Barat, sedangkan di wilayah Jawa barat merupakan yang ke 20. alhamdulilah di Kabupaten Bandung Barat buka pada tahun ini dan di inisiasi oleh Desa Galanggang Kecamatan Batujajar.

Program lansia ini akan terus berjalan Karena ini baru pertama launching selama satu tahun dan di sela-sela pembelajaran akan ada kegiatan yang lain dan menjadi suatu muatan lokal dari sekolah lansia masing-masing.

Harapan nya desa-desa lain dapat memberikan respon dalam ikut serta membuka sekolah lansia karena ini dapat memberikan manfaat nya yang luar biasa untuk para lansia dan diharapkan menua dengan bahagia terhindar dari penyakit dan tetap sehat mandiri aktif produktif dan bermartabat pungkas Dokter Susiana Nugraha direktur Indonesia Ramah Lansia (I R L).

Dihadiri oleh camat batujajar Deden Mulyadi, S.Sos., kepala desa galanggang (H.Dayat) juga kepala dinas kesehatan Kabupaten Bandung Barat (Dr .Elsenhower sitanggang) ketua STIKes Budi Luhur Cimahi (Sri Wahyuni, S.Pd.,M.Kes.,Ph.D) direktur (IRL) dr. Susiana beserta tamu undangan lainnya

( Asep Abr RA )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *