Haol Ama Sindang Panon Dihadiri Bupati Purwakarta

Daerah484 Dilihat

Reformasiaktual.com // Kabupaten Purwakarta- Wilayah Sindang Panon Purwakarta dikalangan ulama identik dengan tokoh penyebar islam KH. Zein Asyuary bin H. Ahmad Amhiyani secara historikal beliau mendirikan Pondok Pesantren dengan konsep salafiyah pada tahun 1950 M. Karena kiprahnya tersebut hingga dia lebih diketahui dengan gelar Amma Sindang Panon. Pada tahun 1979 M, pondok pesantren ini diteruskan oleh putra pertamanya, ialah Al- Maghfurlah KH. Afif Hasanuddin, yang lazim diketahui dengan teguran Engkang oleh para santrinya.

Penghormatan terhadap dedikasinya, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika Menghadiri saat Haul Akbar ke-44 Amma Sindang Panon.

Pada kesempatan itu, Ambu Anne dengan mengatasnamakan Pemkab Purwakarta memberikan apresiasi dan menyambut baik diadakannya Haul Akbar tersebut. Anne sedikit menjelaskan pada sambutannya bahwa Amma Sindang Panon merupakan seorang tokoh penyebar agama Islam di Kabupaten Purwakarta. 

“Ama sindang panon memulai berdakwahnya dari Desa Sindangpanon, Kecamatan Bojong. Kemudian beliau mendirikan Pondok Pesantren Al-Asy’ary pada tahun 1950,” terang Ambu Anne.

Kapolsek Bojong, Ipda Budiman pada kesempatan sama menambahkan bahwa definisi Haul ialah sebuah peringatan atas jasa dan karya para tokoh pendahulu dalam menyebarkan agama islam. 

“sebuah referensi yang harus di tiru, selayaknya harus beregenerasi. kita harus bisa meneruskan jejak perjuangan para pendahulu, dalam membangun bangsa ini,” jelas nya.

Adapun harapan atas terselenggaranya pengajian atau Haul Akbar itu, Budiman mengatakan hikmahnya dapat dijadikan sebagai sebuah sarana dalam mendoakan para pendahulu.

“Dengan adanya acara ini semoga Allah SWT memberikan berkah serta ridhonya dalam upaya bersama mewujudkan Purwakarta lebih baik,”pungkasnya.

Pada pelaksanaannya acara di gelar pada Sabtu (14/01/2023) dimulai Pukul 08.00 WIB s/d Selesai bertempat di Masjid An-Najiah Kp.Krajan II Rt.06/02 Ds.Sindangpanon Kec.Bojong Kab.Purwakarta.

Para Pejabat yang menghadiri yakni Bupati Purwakarta AMBU ANNE RATNA MUSTIKA, SE, Anggota DPRD Kab.Purwakarta Fraksi PKB Sdr. ZAINAL ARIFIN (Bentar), Camat Bojong HERU AGUS RIYANTO, S.STP, MSi, Kapolsek Bojong IPDA BUDIMAN, SH, PC NU Kab.Purwakarta, Ketua MUI Kec.Bojong, MWC NU Kec.Bojong, Ketua Apdesi Kec.Bojong, Kepala Desa Se-Kec.Bojong, Aparatur Ds.Sindangpanon, Alim Ulama / toga, Keturunan dan murid Ama Sindangpanon serta Warga Masyarakat.

Menambah khidmat acara, Kegiatan Haol Akbar ke-44 Ama Sindangpanon ( KH. Zein Asyu’ary ) di isi dengan Tahlil, Sholawat, Sambutan Panitia, Sambutan Bupati Purwakarta, Tausiyah oleh KH. AHMAD SUJA’I Pimpinan Ponpes Hidayatul Ikhwan Ds.Sindangpanon.

(Asker /Yusuf) RA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *