DPRD Kabupaten OKU Timur Gelar Rapat Paripurna ke 38 Masa Sidang II Tahun 2023 di Ruang Rapat Paripurna DPRD OKU Timur

Reformasiaktual.com//Oku Timur-Rapat paripurna digelar dalam rangka memperingati HUT Kabupaten OKU Timur ke 19 tahun dengan mengusung tema “19 Tahun Kabupaten OKU Timur, Kualitas Infrastruktur Ekonomi dan Sumber Daya Manusia Meningkat, Kontribusi Sektor Unggulan Daerah Nyata untuk OKU Timur Maju Lebih Mulia”.

Rapat dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten OKU Timur H. Beni Dafitson, S.IP., M.M. turut hadir Gubernur Sumatra Selatan H. Herman Deru, Bupati dan Wakil Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin dan H.M. Adi Nugraha Purna Yudha, S.H. Ketua TP. PKK Provinsi Sumatra Selatan Hj. Febrita Lustia HD, Ketua KORMI Provinsi Sumatra Selatan Hj. Samantha Tivani, B.Bus., M.IB. dan tamu undangan lainnya.

“Sekiranya rapat paripurna ini diselenggarakan pada tanggal 17 januari, namun Kepala Daerah dan Forkopimda se-Indonesia mengikuti Rakornas yang dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo di Sentul Bogor, maka dari itu rapat ini diundur dan diselenggarakan pada hari ini.” Imbuh Ketua DPRD saat membuka rapat.

Dalam kesempatan ini, Bupati Enos mengatakan bahwa di usia yang tergolong muda, Pemkab OKU Timur telah banyak meraih berbagai prestasi dan penghargaan, prestasi ini akan dipertahankan dan akan ditingkatkan lagi.

Selanjutnya, melalui upaya dan komitmen bersama, keberhasilan pembangunan Kabupaten OKU Timur ini dapat tercermin dari rilis terakhir data BPS di tahun 2022 diantaranya menjadi kabupaten kedua dengan angka kemiskinan terendah di Sumsel, peringkat ke 5 dengan angka IPM yang tertinggi d Sumsel, menjadi daerah peringkat ke 4 dengan tingkat pengangguran terbuka terendah di Sumsel dan tingkat pertumbuhan ekonomi tertinggi ke 2 di Sumsel bahkan berada di atas angka tingkat pertumbuhan ekonomi provinsi maupun nasional.

Tidak hanya itu, Kabupaten OKU Timur juga telah meraih berbagai apresiasi di tingkat nasional diantaranya, penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sebagai Kabupaten Layak Anak dengan peringkat Nindya, penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri dalam percepatan penurunan angka stunting, meraih WTP terhadap pengelolaan keuangan daerah sebanyak 10 kali berturut-turut, anugerah kepatuhan standar pelayanan publik dari Ombudsman RI, penghargaan Indonesia Visionary Leader dari i-News dan penghargaan dari LEPRID atas rekor program pemberdayaan ekonomi pertanian rakyat.

Ditambahkannya, pada tahun 2023 tentu banyak agenda yang akan dilaksanakan untuk merespon berbagai isu strategis pembangunan, diantaranya, memperkuat sektor pertanian dan sektor pembangunan lainnya, meningkatkan kualitas infrastruktur, menurunkan angka kemiskinan untuk menembus 1 digit dan mempercepat penghapusan kemiskinan ekstrem, meningkatkan kualitas SDM, menjaga stabilitas hukum maupun kondusivitas keamanan dan ketertiban masyarakat serta meningkatkan penerapan tata kelola pemerintahan yanh baik untuk merespon tuntutan masyarakat terhadap peningkatan layanan publik.

Untuk itu, Bupati Enos memohon dukungan semua pihak, terkhusus untuk Gubernur HD dalam hal bantuan penguatan pembiayaan pembangunan di Bumi Sebiduk Sehaluan dari Pemprov Sumsel.

Bupati juga mengajak semua pihak agar tetap mempertahankan tekad yang kuat untuk menjalankan komitmen pembangunan yang telah dicanangkan, “Hal ini merupakan upaya kita dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat guna mendukung terwujudnya OKU Timur Maju Lebih Mulia dalam kerangka Sumsel Maju Untuk Semua.” Tutupnya.

Sementara itu, Gubernur Sumatra Selatan H. Herman Deru dalam arahannya mengakui keberhasilan Kabupaten OKU Timur, “Hal ini terbukti dengan banyaknya raihan prestasi dan penghargaan Kabupaten OKU Timur.” Imbuh Gubernur.

HD menyampaikan bahwa hal penting dalam menjalankan pemerintahan dan memajukan daerah selain financial dan regulasi yaitu semangat dalam berkeinginan untuk maju.

Menanggapi keluhan masyarakat tentang harga pangan pokok yang mahal, HD memberikan arahan agar Pemkab OKU Timur segera mensosialisasikan serta mengajak masyarakatnya untuk menerapkan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) yang akan menjadi salah satu solusi dalam menghadapi permasalahan harga bahan pokok.

Dery/ADV



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *