Mengusung Tema “Mulang Tiuh”, Stan OKU Timur Tampil dalam Festival Literasi Nusantara

Daerah377 Dilihat

Reformasiaktual.com//Kesenian dan Budaya Komering ditonjolkan di Stan Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur dalam gelaran Festival Literasi Nusantara 2023 yang diselenggarakan di Asrama Haji Pelembang, Jumat (27/10/2023).

Tari Tigop serta Warahan yang merupakan seni budaya Komering menyambut para tamu yang singgah ke Stan OKU Timur, tidak hanya itu saja namun ada juga kulintang, serta kerajinan angkinan dipamerkan di dalam stan.

Dipamerkan juga beberapa produk makanan khas komering seperti samsam, joruk, serta sambal sialalak serta makanan olahan berupa keripik dari ikan patin.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DR. H. Sopian Hadi S.Pd., M.M. mengungkapkan Festival Literasi Nusantara di Palembang digelar dalam rangka melanjutkan program kerja Duta Literasi Provinsi Sumsel melalui Dinas Perpustakaan Provinsi Sumsel dengan tema “Selebrasi Literasi”.

“Kali ini stan Literasi mengusung tema Mulang Tiuh artinya pulang kampung atau balek dusun, dimana tujuannya mengingatkan kembali orang komering akan kampung halaman dengan keindahan budayanya” katanya

Ia menerangkan kegiatan festival dimulai pada 27-29 Oktober 2023 di lapangan Asrama Haji Palembang.

Stan Kabupaten OKU Timur dibantu oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten OKU Timur, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Kominfo sebagai publikasi kebudayaan komering, Dinas Koperasi dan UMKM, Sanggar Seni Sebiduk Sehaluan.Rilis: krisna