Sehari, Kapolres Selayar Irup di Tiga Lokasi Berbeda

TNI/Polri657 Dilihat


KEPULAUAN SELAYAR, ReformasiAktual.com- Peringatan Hari Pahlawan, 10 November 2023 menjadi momentum tersendiri bagi Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Kepulauan Selayar, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Ujang Darmawan Hadi Saputra, SH, S.IK, MM, M.IK. Betapa tidak. Dalam waktu hitungan jam, beliau menjadi Inspektur Upacara (Irup) di Markas Kepolisian Resor (Mapolres) Jl Robert Wolter Mongisidi, menyusul di Pelabuhan Rauf Rahman Benteng dan terakhir di Taman Makam Pahlawan (TMP) Barugaiya Bontomanai.
Sebagai wujud tanggung jawab sebagai abdi negara, baik selaku Kapolres maupun sebagai Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), beliau diamanatkan untuk menjadi Irup dalam rangkaian upacara Peringatan Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 Nopember 2023 kemarin.

Pada pukul 07.30 Wita, Alumni Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2003 ini memimpin upacara Peringatan Hari Pahlawan dikantornya dengan diikuti para Kepala Bagian (Kabag), Kepala Satuan (Kasat), Perwira, Bintara dan Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Polres Kepulauan Selayar.

Dari Mapolres, selanjutnya pada pukul 08.00 Wita, Ujang Darmawan Hadi Saputra langsung bergabung dengan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di halaman Kantor Bupati Kepulauan Selayar Jl Jenderal Ahmad Yani Benteng, guna mengikuti upacara Peringatan Hari Pahlawan Tingkat Kabupaten Kepulauan Selayar dengan Inspektur Upacara Wakil Bupati, H Saiful Arif, SH serta diikuti oleh para Pimpinan Instansi Vertikal, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Pimpinan Lembaga seperti Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) serta undangan dan peserta upacara lainnya.

Setelah mengikuti upacara di Kantor Bupati, tepat pukul 08.30 Wita, mantan Kepala Satuan Reserse dan Kriminal (Kasat Reskrim) Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Makassar Sulsel ini langsung bergeser menuju Pelabuhan Rauf Rahman Benteng untuk selanjutnya menjadi Irup Tabur Bunga yang masih merupakan rangkaian dari Peringatan Hari Pahlawan.

Tidak hanya sampai di pelabuhan. Pada jam 09.00 Wita, Kapolres kemudian menuju ke Taman Makam Pahlawan Barugaiya di Kecamatan Bontomanai. Beliaupun kembali menjadi Inspektur Upacara (Irup) Ziarah Taman Makam Pahlawan.
Sekedar untuk diketahui, upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional tahun 2023 ini telah mengusung thema “Semangat Pahlawan Untuk Masa Depan Bangsa Dalam Memerangi Kemiskinan Dan Kebodohan”. Thema ini diusung dengan maksud dan tujuan agar supaya generasi sekarang bisa memaknai arti semangat dan perjuangan para pahlawan dalam konteks hari ini dan masa depan. Serta membangun ingatan kolektif bangsa agar dapat menggugah kesadaran dalam bermasyarakat untuk mengimplementasikan semangat dan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari.

Peringatan Hari Pahlawan juga diharapkan dapat memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), meningkatkan rasa kecintaan serta kebanggaan sebagai bangsa dan negara Indonesia.

Pada upacara Peringatan Hari Pahlawan yang berlangsung di halaman Mapolres, Inspektur Upacara membacakan sambutan Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini. Dalam kesempatan itu disampaikan bahwa thema yang diangkat ini, melalui renungan yang mendalam akan dapat menjawab tantangan dan ancaman penjajahan modern yang kian nyata. Mengingat Indonesia merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah dan kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral. Inilah tantangan yang sesungguhnya yang sedang dihadapi bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan bangsa dan negara” kata Mensos seperti dibacakan Irup.

Ancaman dan tantangan ini akan kita taklukkan dengan berbekal semangat yang sama seperti yang dicontohkan oleh para pejuang 10 November 1945. “Tidak mudah menang, tetapi pasti bisa. Kerena pahlawan bangsa telah mengajarkan kita nilai-nilai perjuangan. Nilai yang jika kita ikuti dan diteladani maka niscaya akan membawa jejak kemenangan.

(M. Daeng Siudjung Nyulle/Humas Polres)