Mendagri Tunjuk Sekda Patuan Rahmat Jadi Pj Bupati Paluta

Daerah221 Dilihat

Padang Lawas Utara – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menunjuk Patuan Rahmat Syukur P Hasibuan sebagai Penjabat (Pj) Bupati Padang Lawas Utara (Paluta). Patuan Rahmat merupakan Sekretaris Daerah (Sekda) Paluta saat ini.
Hal itu diketahui dari surat yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri kepada Pj Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Hassanudin. Surat tersebut bernomor: 100.2.1.3-6161.

“Agar Saudara melakukan pelantikan terhadap saudara Patuan Rahmat Syukur P Hasibuan, S. STP, M.M sebagai Penjabat Bupati Padang Lawas Utara Provinsi Sumatera Utara,” demikian tertulis di surat yang dilihat RA, Jumat (24/11/2023).
Kepala Dinas Kominfo Sumut Ilyas Sitorus membenarkan soal penunjukan Patuan Rahmat sebagai Pj Bupati Paluta. Pihaknya juga sudah menerima surat penunjukan Patuan.

“Sudah (keluar surat penunjukan Pj Bupati Paluta atas nama Patuan Rahmat),” kata Ilyas saat dihubungi RA.

Patuan akan dilantik pada Senin (27/11) siang. Pelantikan tersebut direncanakan akan digelar di Aula Tengku Rizal Nurdin di Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara.

“Senin itu akan ada pelantikan, siang hari, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur,” tutupnya.

Sebelumnya, masa jabatan Plt Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Hariro Harahap bakal berakhir 27 November 2023. DPRD Paluta pun sudah mengusulkan 3 nama calon Pj Bupati ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

“Sudah kita usulkan ke Mendagri,” kata Wakil Ketua DPRD Paluta, Abdul Gafur Simanjuntak kepada RA, Kamis (16/11).

Sekda Paluta, Patuan Rahmad Syukur Hasibuan menjadi salah satu yang diusulkan. Gafur menyebutkan di Pemkab Paluta, hanya Sekda yang memenuhi syarat.

“Yang kemarin Sekda lah, di kabupaten kan cuma satu yang memenuhi syarat,” sebutnya.

Sedangkan dua lagi yang diusulkan adalah pejabat di Pemprov Sumut. Keduanya adalah Kepala Satpol PP Sumut M Mahpullah Pratama Daulay dan Kepala BPBD Sumut Tuahta Ramajaya Saragih. “Dua lagi dari provinsi, Kepala Satpol PP dan Kepala BPBD,” ucapnya.

Aks