Pemdes Jajawar Gelar Pembinaan dan Pelatihan Kewirausahaan Bagi Peserta Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Jajawar Tahun 2023

DESA230 Dilihat

Banjar – Sebagai upaya untuk meningkatkan ketahanan ekonomi masyarakat desa, Pemerintah Desa Jajawar kecamatan Banjar Kota Banjar melaksanakan program Pembinaan dan Pelatihan Kewirausahaan Bagi Peserta Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Jajawar Tahun 2023 yang merupakan upaya mengembangkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat desa bertempat di aula Desa Jajawar.Jumat,(22/12/2023)

Tujuan dari kegiatan ini tentunya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dengan memanfaatkan sumber daya melalui penetapan kebijakan, program dan kegiatan pendampingan yang sesuai dengan esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat.

Pemberdayaan masyarakat tersebut memprioritaskan partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan keputusan sekaligus mengembangkan kontrol publik atas implementasi dari keputusan publik.

Adapun moto yang di gunakan dalam kegiatan tersebut ” Optimal Dalan Niat dan Usaha agar Kaya Menjadi Nyata “

Kepala Desa Jajawar, Samsudin, S.Pd.I. mengatakan dalam paparannya melalui Pembinaan dan Pelatihan Kewirausahaan Bagi Peserta Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Jajawar Tahun 2023 ini sebagai upaya untuk meningkatkan pendapatan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,paparnya.

“Dengan cara ini kita dapat melihat ketika sebuah program pemberdayaan sosial diberikan, segenap upaya dapat dikonsentrasikan pada aspek-aspek apa saja dari sasaran perubahan,” terangnya.

Program pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi merupakan program pemerintah untuk meningkatkan perekonomian desa. Program ini mencakup pemberdayaan UKM, industri rumah tangga, BUMDes, kelompok tani, pedagang, serta penunjang ekonomi masyarakat lainnya.

Selain itu Kepala Desa Jajawar menjabarkan bahwa dalam upaya agar masyarakat berdaya maka memerlukan intervensi dimana ada beberapa tahapan intervensi yang direncanakan agar tercapai keberhasilan pemberdayaan tersebut.

“Tahapan yang dilakukan lebih dekat sebagai upaya pengembangan masyarakat yang dilakukan dengan harapan pada terealisasinya proses pemberdayaan masyarakat dan Sukses Membangun Usaha yang Berkah bagi masyarakat,” paparnya.

“Alhamdulilah program pemberdayaan masyarakat yang diberikan oleh Pemerintah Desa Jajawar sangat terasa sekali manfaat langsungnya sehingga masyarakat bisa lebih mandiri dan berkembang dalam usaha sesuai dengan bidangnya,” ucap peserta pelatihan.