Program Ketahanan Pangan Desa Mekarsari Kec Tambaksari Ciptakan Ketahanan Pangan dan Pertumbuhan Ekonomi bagi Masyarakat

Daerah75 Dilihat


Ciamis, ReformasiAktual.Com- program ketahanan pangan yang bersumber dari dana desa di Desa Mekarsari Kecamatan Tambaksari mulai tahun 2022 dan tahun 2023 dipergunakan pengembangan Budi Daya Puyuh Petelur, yang dikembangkan oleh kelompok ternak.pembiayaan budi daya puyuh petelur meliputi Doq,pakan,vaksin,vitamin dan peralatan lainnya sampai dengan puyuh tersebut bisa bertelur.

Dalam mengembangkan Budi Daya Puyuh tersebut untuk keberlanjutannya Kelompok ternak berkerjasama dengan Bumdes Desa Mekarsari.

Kepala Desa (KADES) Ratam Rabu 07/02/24 Alhamdulillah Budi Daya Puyuh petelor sampai saat ini berkembang dengan baik.Setiap hari peternak menjual telor tersebut kepada BUMDes. Baru beberapa bulan berjalan kerjasama pengembangan budi daya puyuh petelur dengan BUMDes sudah bisa berkontribusi, paparnya.

Ini yang menjadi tujuan bersama dengan adanya Ketahanan Pangan bermarfaat untuk masyarakat dan juga Pemerintah Desa,” Imbuhnya.

Jumlah populasi puyuh petelur di Desa mekarsari 20.000 ekor dimana populasi ini nantinya diharapkan akan menjadi desa penghasil telur puyuh di Kabupaten Ciamis.

Endang Suryana