Pelantikan Bantara Dan Saka Wira Kartika Kodim 0306/50 Kota Dibarengi Dengan Kegiatan Penghijauan

TNI/Polri1044 Dilihat

ReformasiAktual.com, Lima Puluh Kota — Sebanyak 48 orang anggota Bantara (Bantuan Tenaga Rakyat) dan Saka (Satuan Karya Pramuka) Wira Kartika Kodim 0306/50 Kota resmi dilantik Pasi Ter Kodim 0306/50 Kota Kapten Inf Ridho Sibuea yang bertempat di Lapangan Sunnyside Dusun Taratak Nagari Sarilamak Kecamatan Harau. Jumat (1/3/2024).

Adapun anggota Bantara dan Saka Wira Kartika yang dilantik berasal dari SMK PP Negeri Padang Mangatas Pangkalan Kwarran koramil 04 Luak Kodim 0306/50 Kota.

Selaku Pembina Upacara, Pasi Teritorial Kodim 0306/50 Kota membacakan amanat yang disampaikan Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf Adri Asmara Yudha, yang dalam penyampaiannya mengucapkan selamat kepada anggota yang telah dikukuhkan dan menyampaikan terimakasih atas partisipasi berbagai pihak selama kegiatan dilaksanakan.

Pramuka Saka Wira Kartika merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka yang bersifat nasional. Satuan Karya (SAKA) yang dibentuk melalui kerjasama antara Kwartir Nasional dengan TNI-AD ini, bertujuan untuk mengembangkan pendidikan bela negara.

“Saka Wira Kartika adalah wadah kegiatan bagi pramuka penegak dan pramuka pandega, untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan ketrampilan di bidang matra darat, membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa, serta tetap menjaga keutuhan NKRI, “ujarnya.

Kepramukaan bertujuan untuk membentuk generasi muda yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan, sebagai calon pemimpin bangsa di masa depan, agar mempunyai kepribadian yang kuat, bersemangat, pantang menyerah, disiplin, inovatif dan bekerja keras, demi mendorong kemajuan, serta keberhasilan pencapaian cita-cita bangsa.

Dirinya berharap, agar kegiatan kepramukaan semacam ini dilaksanakan dengan baik, terarah dan terukur sebagai sarana dan wadah pendidikan bagi generasi muda agar menjadi manusia-manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki kepribadian yang tangguh, terampil dan berpengetahuan serta memiliki kesetiakawanan yang tinggi sebagai generasi penerus bangsa, pungkas Dandim yang disampaikan Pasi Ter Kodim 0306/50 Kota Kapten Inf Ridho Sibuea.

Acara kemudian dilanjutkan dengan kegiatan penanaman pohon yang bertujuan mendidik generasi muda untuk andil dalam mengembalikan fungsi hutan kedalam perannya sebagai paru-paru dunia guna membangun kembali habitat alam dan ekosistim serta mencegah pemanasan global.