AMR Jadwalkan Mendaftar Sebagai Balon Bupati di PDI.P Selayar Usai Jumat 

Politik109 Dilihat

KEPULAUAN SELAYAR, ReformasiAktual.com – Jika tak ada aral yang menghambat besok 19 April 2024 usai shalat Jumat, Ketua Umum Ikatan Alumni Sekolah Menengah Atas Negeri Satu ( Ketum IKA SMANSA) Selayar akan mendaftarkan diri di Kantor Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPC PDI.P) di Jl Jenderal Sudirman Benteng. Putra kelahiran Selayar, 26 Agustus 1967 ini akan mendaftar sebagai Bakal Calon Bupati Kepulauan Selayar periode 2025 – 2029.

          Rencana ini telah membuktikan keseriusan Dr H Andi Mulyadi Radjab, SE, MM (AMR) untuk maju berkompetisi dalam konstelasi politik Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Selayar yang menurut agenda Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) akan dihelat pada Rabu, 27 Nopember tahun ini. Sebelumnya, sekitar pekan kedua Oktober 2023 yang lalu, ia juga sudah mendaftar di Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Selayar sebagai pendaftar pertama dengan status yang sama sebagai Balon Bupati.

         Sekedar diketahui bahwa berdasarkan rekapitulasi perolehan suara hasil Pemilihan Umum Legislatif 2024, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan besutan Ibu Megawati Soekarno Putri telah berhasil mendudukkan dua kadernya di Parlemen Selayar. Mereka adalah Muh Anas Kasman Ali dari Daerah Pemilihan (Dapil) 1 Kepulauan Selayar Kecamatan Benteng. Sedangkan Awiluddin Sihak, SH MH dari Dapil Kepulauan Selayar IV yang meliputi Kecamatan Taka Bonerate, Pasi’masunggu dan Pasi’masunggu Timur pada kursi ke 6.

         Ketua DPC PDI.P Kepulauan Selayar, Muh Anas Kasman Ali, SH yang dikonfirmasi via telpon selulernya sekira jam 08.55 Wita pagi ini, Kamis 18 April membenarkan jika tak ada halangan AMR akan mendaftar di Kantor PDI.P besok seusai shalat Jum’at. Dan insha Allah, AMR akan menjadi pendaftar kedua di partai berlambang Kepala Banteng setelah Dosen Fakultas Kehutanan Unhas Makassar, Dr Ir H Usman Arsyad, M.P, IPU.” katanya kepada wartawan media ini, M Daeng Siudjung Nyulle.

         Pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati khususnya DPC PDI.P Kepulauan Selayar lanjut Muh Anas sudah dimulai sejak Minggu 14 April hingga 17 Mei 2024 mendatang. Pembukaan pendaftaran atau penjaringan ini terbuka untuk umum. Artinya, baik kader ataupun non kader bahkan kandidat yang tidak memiliki partai sekalipun dan mempunyai keinginan untuk maju bertarung di Pilkada 2024, terbuka untuk mereka.” ujarnya lagi.

         Muh Anas juga menyampaikan bahwa balon yang telah mendaftar akan diseleksi dan disurvey sebab PDI.P menginginkan balon yang diusung dapat memenangkan Pilkada nantinya. Seleksi dan survey bertujuan sebagai bahan atau rekomondasi untuk diteruskan dan dilaporkan ke Dewan Pimpinan Daerah (DPD PDI.P) Sulawesi Selatan di Makassar guna mengeluarkan rekomondasi siapa balon yang akan diusung pada perhelatan Pilkada 27 Nopember 2024 nanti.

         Fit and proper test akan dilaksanakan di Kantor DPD PDI.P Sulsel diatas tanggal 17 Mei mendatang. Dan ditergetkan tuntas akhir Mei 2024 di Propinsi. Dan ketika ditanya apakah tidak ada kader PDI.P Selayar yang akan diusung untuk maju di Pilkada Selayar 2024 ? Spontanitas Muh Anas menjawab,” Hingga hari ini belum ada yang diperhitungkan. Kendatipun demikian tapi tidak menutup kemungkinan akan muncul setelah melalui pertimbangan yang matang jelang pendaftaran di KPUD Selayar nanti.” katanya. 

        Dan semua figur dan kandidat yang mendaftar di PDI.P mempunyai peluang dan hak yang sama. Mereka semua akan mengikuti mekanisme penjaringan di partai serta semua tahapan yang dipersyaratkan di Dewan Pimpinan Pusat (DPP PDI.P) di Jakarta. Karena setelah tes wawancara akan dilakukan survey kandidat yang memiliki peluang besar untuk menang. Maka secara otomatis, partai akan mengirim nama balon yang berpeluang besar untuk memenangkan Pilkada 2024. (M. Daeng Siudjung Nyulle)