Isi Kekosongan di 3 Kecamatan, Bawaslu Selayar Retrut Panwascam

Daerah1658 Dilihat

KEPULAUAN SELAYAR, ReformasiAktual.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kepulauan Selayar telah menggelar tes tertulis bagi calon anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) dengan menggunakan metode Computer Assist Test (CAT) bertempat di Laboratorium Computer SMKN 1 Selayar Jl Pahlawan Bonea Benteng Utara, Senin 13 Mei 2024 pagi tadi.
Nurul Badriyah selaku Ketua Bawaslu Kepulauan Selayar menjelaskan bahwa tes yang dilaksanakan merupakan satu di antara rangkaian seleksi para pelamar baru yang telah dinyatakan lulus administrasi. Sedikitnya ada 19 peserta calon anggota Panwaslucam yang mengikuti tes tertulis hari ini, Senin 13 Mei dari total 20 peserta yang melakukan pendaftaran kategori pendaftar baru dan dinyatakan lulus seleksi administrasi sebanyak 19 peserta. Sehingga ada lima (5) peserta yang dinyatakan tidak hadir mengikuti tes.” kata Nurul Badriyah via pesan pendeknya ke media ini.
Berdasarkan Petunjuk Teknis (Juknis) lanjut Badriyah, jumlah soal ada sebanyak 100 nomor pilihan ganda dengan waktu yang diberikan 90 menit dan essay atau mengisi sebanyak 10 nomor dengan waktu yang diberikan 45 menit.” Badriyah menambahkan. “Soal-soal tes dalam perekrutan baru Panwaslu ini langsung disusun dan dikirim oleh Badan Pengasas Pemilihan Umum Republik Indonesia (Bawaslu RI) di Jakarta secara online. Dan panitia tes ditingkat kabupaten dan kota hanya menyiapkan perangkat untuk pelaksanaan ujian tes tertulis ini.” katanya lagi.
Setelah tahapan tes CAT selesai para peserta yang dinyatakan lulus akan mengikuti seleksi wawancara yang dilakukan langsung oleh Bawaslu Kabupaten Kepulauan Selayar pada tanggal 18 hingga 20 Mei 2024 yang akan datang sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan. Dan peserta yang dinyatakan lolos tes CAT akan kami umumkan melalui papan informasi di Sekretariat Bawaslu Kabupaten maupun media sosial Bawaslu Kepulauan Selayar pada 17 Mei 2024 nanti.” katanya lagi.
Sekedar untuk diketahui bahwa Bawaslu Kepulauan Selayar membuka perekrutan Panwaslu Kecamatan dengan kategori pendaftar baru hanya untuk 3 kecamatan yaitu Kecamatan Pasilambena, Kecamatan Pasimasunggu Timur dan Kecamatan Bontomatene untuk mengisi 5 kekosongan kuota untuk Calon Anggota Panwaslu Kecamatan pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Selayar yang menurut rencana akan dihelat pada 27 Nopember 2024 akhir tahun ini.” umgkapnya. (M. Daeng Siudjung Nyulle/Humas Bawaslu)