Pemdes Baleraja Terus Tingkatkan Pembangunan Infrastruktur

DESA174 Dilihat

Reformasiaktual.com//INDRAMAYU-Pemerintah Desa Baleraja Kecamatan Gantar Kabupaten Indramayu saat ini terus meningkatkan pembangunan infrastruktur dan pelayanan terhadap masyarakat. Hal ini dilakukan sebagai bentuk pengabdian pemerintah sebagai pelayan terhadap masyarakat.

Supratman.SH selaku PJ kades/kuwu bersama Budi selaku Sekertaris Desa Baleraja sa’at di kunjungi media reformasi aktual di kantor desanya pada hari Selasa 14 Mei 2024 memaparkan, saat ini pihaknya terus menggenjot pembangunan infrastruktur wilayah untuk mempermudah aktivitas perekonomian masyarakat, seperti telah direalisasikannya Dana Desa (DD) tahap 1 yaitu pembanguan betonisasi jalan lingkungan (jaling) di jln ki Emin blok palabuan RT 02/06 dengan panjang 119m, lebar 1,5m ketebalan 10cm, dan untuk pekerjaan drainase di blok naringgul RT 01/12 panjang 220m dan pembangunan fisik lainnya.

“Infrastruktur merupakan urat nadi perekonomian. Nyawa dapat terancam jika penyumbatan urat nadi. Begitu juga dengan infrastruktur. Ketika infrastruktur tidak memadai dalam perekonomian (baik dalam hal Qualitas maupun Quantitas), ekonomi akan berjalan dengan lambat dan tidak efisien,” ungkapnya.

Menurutnya, infrastruktur dan pembangunan ekonomi memiliki hubungan timbal balik.  Artinya pembangunan infrastruktur menimbulkan ekspansi ekonomi melalui efek multiplier.

 “Sementara ekspansi ekonomi menimbulkan kebutuhan untuk memperbesar infrastruktur yang ada untuk menyerap aliran barang dan sumber daya manusia yang terdapat pada seluruh kegiatan perekonomian. Oleh karena itu, saat ini kita terus menggenjot pembangunan infrastruktur di Desa Baleraja sehingga masyarakat dapat lebih sejahtera,” ungkapnya.

Selain itu, Pemdes Baleraja Kecamatan Gantar Kabupaten Indramayu juga akan lebih mengoptimalkan pelayanan terhadap masyarakat agar lebih representatif lagi. Sehingga masyarakat yang membutuhkan pelayanan yang datang ke kantor Desa Baleraja merasa lebih nyaman dan aman di sa'at mengurus kebutuhannya.

“Di sini kita terus melakukan pembinaan terhadap perangkat desa agar lebih disiplin saat menjalankan tugasnya sebagai pelayan masyarakat. Birokrasi publik harus dapat memberikan layanan publik yang lebih profesional, efektif dan transparan,” Pungkasnya.

(Rahmat Mulyanto)