Jelang Idul Adha Pemerintah Desa Sinar Galih Purwakarta Laksanakan Kerjabakti

Daerah68 Dilihat

Reformasiaktual.com//Kabupaten Purwakarta-
Ditinjau dari aspek manfaat Kerja bakti selain menjadi salah satu bentuk dari kehidupan bertetangga juga sebagai manisfestasi Kepedulian seseorang. Dalam kerja bakti ada kebersamaan, silaturahmi, berbagi, berkontribusi yang berorientasi sosial, juga yang pasti adalah manfaat kebersihan lingkungan.

Relevansinya bersama aparatur, pemerintah Sinar Galih melaksanakan kegiatan kerja bakti di kampung Cijaha, Kecamatan Maniis, Kabupaten Purwakarta.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Desa Sinar Galih, Encang diikuti oleh Aparatur Desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan masyarakat pada Selasa (11/6/2024).

“Pelaksanaan kerja bakti ini tujuan nya untuk menjaga kebersihan biar indah di pandang apalagi kita menghadapi hari raya idul Adha,” ungkap Kepala desa.

Selain dalam persiapan menjelang hari raya Idul Adha, kata Encang, juga kegiatan kerja bakti sebagai langkah mitigasi penyebaran penyakit demam berdarah yang ditimbulkan nyamuk aides aegepty dan penyakit lainnya

“Terlebih apabila pada musim penghujan, kerja bakti bertujuan untuk mengantisipasi genangan atau membersihkan saluran drainase dan untuk mengantisipasi wabah penyakit,” terangnya.

Acara dilaksanakan, lanjut Encang sebagai wujud keperdulian perangkat desa dalam menjaga kebersihan lingkungan dengan semangat gotong royong bersama warga desa sinar galih.

Menurut Encang banyak kebaikan dalam menjalankan kerja bakti karena didalamnya ada kebersamaan, silaturahmi, bersinergi, berbagi serta interaksi yang bermuara kepada pelayanan masyarakat.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan gotong royong tersebut meliputi penataan, pembersihan ranting pohon, rumput , sampah, serta lainnya yang menghalangi akses jalan yang membahayakan dan mengganggu pandangan para pengendara jalan yang melintas.

Dengan kegiatan tersebut, ungkap Encang Pemerintah desa ingin menggalakkan kegiatan kerja bakti dilingkungan sekitar, dengan mengawali dan memberi contoh dan harapannya masyarakat dapat mengikuti untuk lebih sadar kebersihan lingkungan masing-masing.

“Dilihat dari manfaatnya yang positif, kerja bakti perlu diberdayakan. Kiranya hal ini dapat diagendakan secara terstruktur oleh desa melalui RW atau RT. Yang lebih penting adalah inisiatif warga, karena mereka paling mengenal kondisi lingkungan dan antisipasi permasalahannya,” tutur Encang.

Selanjutnya kepala desa mengucapkan terimakasih kepada bhabinkamtibmas, Pandu Hari agung, Babinsa Agus Bintoro dan para tokoh serta warga kampung cijaha dan umumnya masyarakat desa sinar galih yang telah meluangkan waktunya untuk melaksanakan kerja bakti bersama.

“Hari ini Pelaksanaan kerja bakti ini sengaja di laksanakan di kampung cijaha, Insya Allah kegiatannya berlanjut di kampung berikutnya, sekali lagi, Saya ucapkan terima kasih kepada Binmas, Babinsa serta seluruh elemen masyarakat atas kerjasamanya dalam kegiatan kerja bakti ini,” tutup kepala desa.

(Asker RA Red)