Pemda Selayar Berikan Apresiasi dan Penghargaan Kepada Kapolres di Hari Bhayangkara Ke- 78

Daerah19 Dilihat

KEPULAUAN SELAYA/ReformasiAktual.com – Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Kepulauan Selayar memperoleh penghargaan dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kepulauan Selayar saat menggelar upacara Peringatan Hari Bhayangkara Ke – 78 Kepolisian Republik Indonesia, di Lapangan Pemuda Benteng, Senin 01 Juli 2024 pagi tadi.
Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) adalah Kapolres, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Ujang Darmawan Hadi Saputra, SH, S.IK, M.M, M.IK dengan Komandan Upacara Kepala Satuan Reserse Narkotika dan Obat Terlarang (Kasat Res Narkoba), Inspektur Satu (Iptu) Suhardiman, SH, MM.
Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ini dihadiri oleh Wakil Bupati H Saiful Arif, SH, Komandan
Distrik Militer 1415 Selayar, Letnan Kolonel, Nanang Agung Wibowo, Kepala Kejaksaan Negeri, Hendra Syarbaini, SH, MH, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama, Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Asisten I Setda, Ir H. Arfang Arif, sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah, (OPD), Kepala Instansi Vertikal, BUMN/BUMD, tokoh masyarakat, para Purnawirawan Polri dan Warakawuri serta beberapa undangan lainnya.
Sementara peserta upacara terdiri dari unsur TNI-Polri, Dinas Perhubungan (Dishub), Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP), Pegawai Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas II B, Aparatur Sipil Negara (ASN), para siswa dan organisasi kemasyarakatan.
Peringatan Hari Bhayangkara Ke- 78 Tahun 2024 ini mengusung tema “Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi Yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas”.
Dalam amanatnya, Kapolres, AKBP Ujang Darmawan Hadi Saputra membacakan sambutan serentak Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo bahwa dalam kurun waktu yang panjang dan tidaklah mudah untuk dilalui, terutama dengan dinamika yang telah dialami dan mewarnai sejarah perjalanan Polri hingga sampai kepada Momentum Hari Bhayangkara ke-78.
“Dengan diterbitkannya Penetapan Peraturan Pemerintah Nomor : 11 Tahun 1946, maka kepolisian negara yang semula berada dalam lingkungan kementerian dalam negeri telah ditetapkan menjadi jawatan tersendiri, yang langsung berada di bawah perdana menteri atau presiden, selaku kepala pemerintahan, sehingga peristiwa yang terjadi pada tanggal 1 juli 1946 ini juga menjadi momentum meleburnya berbagai elemen kepolisian ke dalam satu institusi kepolisian yang bersifat nasional,” ungkap Kapolres saat membacakan amanat Kapolri”.
Selain itu, Kapolri juga memberikan pesan Khusus tentang kesiapan Polri menghadapi Momentum Pilkada 2024. “Mendekati Pilkada yang akan digelar pada November 2024, Polri harus bersikap netral sekaligus menciptakan suasana yang kondusif, tertib dan aman bagi masyarakat serta tetap mengedepankan semboyan “Presisi” dalam kedinasan maupun kehidupan sehari-hari.” imbau Kapolri.
Selepas upacara Peringatan Hut Bhayangkara Ke -78, acara dilanjutkan dengan syukuran di Aula Mapolres Selayar. Wabup, H Saiful Arif atas nama pemerintah daerah memberikan apresiasi dan kebanggaan yang luar biasa kepada seluruh personel Kepolisian Selayar dengan dedikasi dan kinerjanya dalam mengemban tugas mewujudkan keamanan, kenyamanan dan kondusifitas di Wilayah Kepulauan Selayar.
“Pemerintah daerah berterima kasih dan sangat mengapresiasi kinerja dan kerja keras Kapolres bersama seluruh personil Kepolisian Kepulauan Selayar dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif, aman dan damai dengan dedikasi dan loyalitas yang tinggi juga maksimal” kata Wabup dalam sambutan tertulisnya.
Dalam acara syukuran ini, Bupati Selayar, H Muh Basli Ali juga memberikan dua penghargaan berupa piagam atas kinerja Polres Kepulauan Selayar. Penghargaan yang diserahkan diantaranya, atas peran Polres Kepulauan Selayar dalam upaya penyelamatan keuangan negara atau daerah terkait pembangunan dana kelurahan. Kemudian penghargaan atas dukungan Polres pada penegakan Good Governance dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar. Kegiatan Syukuran juga disertai dengan Penyerahan Penghargaan Personil Polres yang berprestasi dan hadiah lomba-lomba yang digelar dalam rangka Hari Bhayangkara ke-72 Tingkat Polres Kepulauan Selayar. (M. Daeng Siudjung Nyulle/Humas Polres)