Bupati, H Muh Basli Ali Kalungi Lipa’ Sabbe AKBP Adnan Pandibu Sebagai Kapolres Baru Selayar,

Daerah26 Dilihat

KEPULAUAN SELAYAR, ReformasiAktual.com – Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Kepulauan Selayar kini telah dijabat oleh Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Adnan Pandibu, SH, S.IK menggantikan posisi jabatan AKBP Ujang Darmawan Hadi Saputra, SH, S.IK, M.M, M.IK sebagai Kapolres yang lama. Pengalungan Lipa’ Sabbe oleh Bupati, H Muh Basli Ali dengan didampingi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menandai awal AKBP Adnan Pandibu menginjakkan kaki di Markas Kepolisian Resor (Mapolres) Jl Robert Wolter Mongisidi Benteng Selatan tepat pukul 14.50 Wita, Rabu 10 Juli 2024 siang tadi.

         Selain Forkopimda hadir pula Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Mappatunru, S.Pd, Sekretaris Daerah (Sekda), Drs Mesdiyono, M.Ec, Dev, Ketua Tim Penggerak PKK Kepulauan Selayar, Komandan Pos Angkatan Laut, Letnan Dua (Letda) Laut, Siswandoyo, Wakil Kepala Kepolisian Resor (Waka Polres) Kompol H Bustan, SH, para Kepala Satuan (Kasat), Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) dan seluruh jajarannya.

         AKBP Ujang Darmawan Hadi Saputra telah mendapat jabatan baru di Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia di Jakarta sebagai Peneliti Ilmu Kepolisian Muda Tingkat I Pusat Penelitian dan Pengembangan Mabes Polri. Sedangkan AKBP Adnan Pandibu sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit 3 Ditresnarkoba Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel di Makassar.

         Dihadapan Forkopimda, Kapolres lama, AKBP Ujang Darmawan telah menyampaikan kondisi sosial masyarakat Kepulauan Selayar yang berjuluk Butta Tanadoang yang oleh masyarakat setempat lebih lazim menyebutnya “Tanah Tempat Berdo’a.” Selain kondisi sosial juga disebut soal budaya, politik dan kondisi perekonomian masyarakat Selayar yang lebih dominan sebagai nelayan dan bertani,” seraya menambahkan bahwa di Selayar ini ada sejumlah Polsek yang tersebar di 11 wilayah kecamatan daratan dan kepulauan.

       Acara seremonial serah terimah jabatan serta kenal pamit oleh Kapolres Kepulauan Selayar yang lama dan baru sudah dilaksanakan di Aula Mappaoddang Polda Sulsel pada dua hari lalu tepatnya, Senin 08 Juli 2024 yang dipimpin langsung oleh Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulsel, Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi Andi Rian R Djajadi, S.IK, MH. 

        Selain serahterima Kapolres Kepulauan Selayar dari AKBP Ujang Darmawan Hadi Saputra kepada AKBP Adnan Pandibu juga telah diserahterimakan sejumlah Pejabat Utama Polda Sulsel dan Kapolres di jajaran Polda Sulsel. Diantaranya, Kabiddokkes Polda Sulsel dari Komber Polisi dr Muhammad Mas’udi kepada Kombes Pol dr Ubaidillah. Kemudian Kapolres Pelabuhan Makassar dari AKBP Yudi Friyanto kepada AKBP Restu Wijayanto. 

         Lalu Kapolres Bone, AKBP Arief Doddy Wirautomo kepada AKBP Erwinsyah dan kemudian Kapolres Sidrap dari AKBP Erwinsyah kepada AKBP Dr Fantry Taherong. Kapolres Jeneponto dari AKBP Budi Hidayat kepada AKBP Widi Setiawan. Menyusul Kapolres Sinjai dari AKBP Fery Nur Abdullah kepada AKBP Harry Azhar Asry. Kapolres Bantaeng dari AKBP Edward Jacky Tofani kepada AKBP Nur Prasetyantoro Wirat. Dan terakhir Kapolres Wajo, AKBP Facthur Rochman kepada AKBP Muhammad Rosyid Ridho.

        Dalam sambutannya, Kapolda, Andi Rian R Djajadi menyatakan bahwa serah terima jabatan dan alih tugas dilingkungan Polri merupakan suatu hal yang dinilai wajar dan biasa sebagai wujud dinamisnya sebuah organisasi yang sejalan dengan perkembangan dan tuntutan tugas berupa tour of duty dan tour of area bagi setiap anggota Polri yang telah menunjukkan dan memperlihatkan prestasi kerjanya selama ini.

        Pelaksanaan dinamika organisasi yang telah ditetapkan oleh Pimpinan diharapkan dapat berjalan secara efektif serta bisa meningkatkan kualitas kinerja Polri dalam melaksanakan tugas pokoknya sebagai pemelihara keamanan dan ketertiban masyarakat dan sebagai penegak hukum serta sebagai pelindung, pengayom serta sebagai pelayan masyarakat.” imbuhnya. (M. Daeng Siudjung Nyulle/Humas Polres)