Akhirnya Partai Nasdem usung Edison-Sumarni di Pilkada Muara Enim 2024

Politik68 Dilihat

ReformasiAktual.com//Muara Enim–Pasangan Edison-Sumarni resmi mengantongi rekom model B1 KWK dari Partai Nasdem sebagai pasangan bakal calon bupati (Cabup) dan bakal calon wakil bupati (Cawabup) Muara Enim ke depan.

Rekom tersebut diserahkan oleh Ketua Bappilu DPP Partai Nasdem Fauzi Amro pada Jumat, 23 Agustus 2024 di Jakarta.

Didampingi pengurus Partai Nasdem Sumsel dan Ketua Partai Nasdem Muara Enim Kasman, Fauzi berharap pasangan Edison-Sumarni bisa memenangkan pertarungan di Pilkada Muara Enim.

“Harapan kami, kakak Edison sebagai kader Partai Nasdem (dan Sumarni) bisa memenangkan pertarungan di Kabupaten Muara Enim,” harap Fauzi.

Dengan Partai Nasdem usung Edison-Sumarni di Pilkada Muara Enim 2024, maka masih 3 sisa partai yang belum mengumumkan jagoannya.

Ketiga partai yang sangat ditunggu masyarakat itu adalah Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Dari hasil Pileg Muara Enim 2024, PKB mengumpulkan 4 kursi, Partai Golkar mengumpulkan 6 kursi dab PDI Perjuangan mengumpulkan 5 kursi.

Sementara yang telah tentukan Cabup-Cawabup Muara Enim ialah:
Partai Gerindra, Partai Persatuan Pembangunan usung pasangan Haji Nasrun Umar dan Lia Anggraini (HNU-Lia).

Gerindra menjadi partai politik pemenang di Pileg DPRD Muara Enim 2024-2029 yakni mengantongi 7 Kursi. Sementara untuk PPP mengantongi 5 kursi DPRD Muara Enim 2024-2029.

Sehingga jika total, pasangan HNU-LIA mengantongi 12 Kursi DPRD Muara Enim atau 26 persen. Keduanya sudah memiliki modal cukup untuk maju Pilkada Muara Enim 2024.

Partai Keadilan Sejahtera, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional, Partai Hanura dan Partai Perindo ke pasangan Ahmad Rizali dan Shinta Paramitha (Al-Shinta).

Dari hasil Pileg DPRD Muara Enim 2024-2029, PAN meraih 5 kursi, PERINDO raih 1 kursi, PKS raih 4 kursi, Partai Hanura 1 kursi dan Partai Demokrat meraih 3 kursi DPRD Muara Enim.

Sehingga jika dijumlahkan dari keempat parpol tersebut menjadi 14 kursi DPRD Muara Enim atau 28 persen.
Pasangan ini memiliki modal yang cukup juga untuk melenggang maju Pilkada Muara Enim 2024.

Dan terakhir Partai Nasdem, dengan modal 4 kursi di dewan, Partai Nasdem masih membutuhkan teman koalisi untuk usung pasangan Edison-Sumarni.

Menyikapi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 60/PUU-XXII/2024 terkait gugatan terhadap UU Pilkada, KPUD Muara Enim masih tunggu petunjuk pusat (KPU RI).

“Kita belum bisa ngomong banyak, pokoknya kita tunggu saja petunjuk pusat dari KPU RI, tunggu saja mungkin dalam waktu dekat akan keluar aturannya,” ujar Ketua KPUD
Kabupaten Muara Enim Rohani SH yang mengaku sedang ada tugas di Jakarta, Rabu 21 Agustus 2024.

Menurut Rohani, meski sudah ada putusan MK tersebut, pihaknya tetap harus menunggu petunjuk dari KPU RI. (Elwin)