Tingkatkan Perekonomian Warga, Pemdes Cadasmekar Laksanakan Peningkatan Jalan

DESA46 Dilihat

Purwakarta – reformasi aktual.com Pemerintah Desa Cadasmekar, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, melaksanakan Hotmix jalan desa gunakan anggaran dana desa (DD).

Program Dana Desa adalah salah satu program Pemerintah Kabupaten Purwakarta berupa bantuan keuangan infrastruktur desa yang diproyeksikan untuk mendorong peningkatan ekonomi desa setiap Desa di kabupaten Purwakarta mendapatkan bantuan Dana Desa setiap tahunnya.

Dari bantuan program Dana Desa tersebut, Pemerintah Desa Cadasmekar membangun Hotmix Jalan Desa di Kampung Bumi Geulis Rt 001 Rw 001, Rabu (28/08/2024).

Kepala Desa Cadasmekar Edin, menyampaikan bahwa pembangunan di Pemerintah Desa Cadasmekar sesuai petunjuk melaksanakan pekerjaan secara swakelola yang melibatkan warga sekitar yakni, RT, RW, Kadus setempat juga TPK (Tim Pelaksana Kegiatan) dan Perangkat Desa.

Program Dana Desa ini adalah tugas kita semua untuk mengawal pembangunan infrastruktur, melihat bagaimana tata pelaksanaannya, pengerjaannya, spesifikasi dan yang lainnya. Dan diharapkan warga juga turut partisipasi dalam swadaya nya, misalnya mereka ikut membantu pada saat ada pelaksanaan pembangunan, karena diharapkan dengan Dana Desa ini juga timbul ke gotong royongan para warga di wilayah,” ujarnya.

Edin berharap dengan terbangunnya kegiatan program Dana Desa tersebut bisa memperlancar transportasi warga saat berkendara, nyaman, aman dan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat, imbuhnya.

Sementara salah satu warga yang enggan dipublikasikan namanya mengatakan, pembangunan Hotmix Jalan Desa walaupun cuaca kemarau tidak jadi hambatan, diharapkan dapat meningkatkan dan mengoptimalkan mobilisasi warga, ucapnya.

“Saya mengucapkan terima kasih atas program bantuan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Purwakarta. Program bantuan dana infrastruktur Dana Desa yang digulirkan Pemerintah ini sangat bermanfaat bagi warga ,” terangnya.

Pembangunan Hotmix jalan desa ini sarana memudahkan akses warga, bahwa pembangunan Hotmix Jalan Desa tujuannya untuk memperlancar yang awalnya jalan kalo musim hujan Becek, agar supaya perekonomian masyarakat meningkat pesat.

“Semua proses pekerjaan pembangunan ini didanai dari program anggaran dana desa dan dikerjakan secara swakelola masyarakat Desa Cadasmekar”Pungkas.
( RN )