Upacara Peringatan HUT ke-79 TNI Korem 062/ Tn Garut Berlangsung Khidmat dan Meriah’ Untuk Indonesia yang Lebih Kuat dan Maju

TNI/Polri15 Dilihat

Reformasiaktual.com//GARUT, Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) tahun 2024 berlangsung penuh khidmat dan meriah di Lapangan Oto Iskandar Di Nata, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut Jawa Barat , Sabtu (5/10/2024).

Acara Tersebut dipimpin oleh Komandan Resor Militer (Danrem) 062/Tarumanagara, Kolonel Arh Rudi Ragil, SP. S.Sos,. M,Si. selaku inspektur upacara.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, PJ. Bupati Garut Drs. H. Barnas Adjidin, M.M., M.M.Pd., Sekertaris Daerah Kab. Garut Drs. H. Nurdin Yana, M.H., M. Si., Kapolres Garut AKBP Mochamad Fajar Gemilang, S.I.K., M.H., M.I.K.,
Dandim 0611/Garut Letkol Czi Dhanisworo, S.Sos., Komandan Denpom III/2 Grt Letkol CPM(K) Wiana Warsanah, S.H Kapala BNN Kab. Garut AKBP Deni Yusdanial, S.IP, MH.,Ketua DPRD Kab. Garut beserta tamu undangan lainnya. serta beberapa pejabat dari wilayah Priangan Timur. Kehadiran masyarakat yang memadati tribun Alun-Alun Garut

Semarak jalannya upacara yang juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, termasuk Pameran Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista),Upacara Parade,Pasheman 90 ,Barongsai “Garut Lion Dance Club , Demo Pembebasan Tawanan ,Pameran Alut Sista dan UMKM, Defille Pasukan , Defille Alutsista ,Defille Komunitas ,Para Motor ,Panggung Prajurit
Dimeriahkan Artis Pantura – Asep Pantura ,Cici Marisa ,AGis KDI ,Adel ,Devi

Dalam sambutannya, Kolonel Arh Rudi Ragil SP. S,SOS,. M,SI.membacakan amanat tertulis Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto, yang menekankan pentingnya tema peringatan tahun ini, “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju.” Tema ini, menurutnya, merefleksikan semangat TNI untuk terus mendukung pembangunan nasional dan menjaga kedaulatan negara.

“Prajurit TNI sebagai pilar pertahanan negara memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga keutuhan NKRI dan mendukung percepatan program pembangunan nasional,” ucap Kolonel Arh Rudi Ragil. Ia juga menekankan perlunya meningkatkan kapabilitas TNI seiring dengan perkembangan teknologi dan dinamika global.

Perkembangan lingkungan yang strategis dan diikuti oleh perubahan politik , ekonomi, dan teknologi terus berkembang secara dinamis dan kompleks, yang membawa dampak distribusi di segala bidang kehidupan. Maka dari itu, perkembangan situasi ini harus diikuti dan menjadi dasar dalam penyiapan kapabilitas TNI dari waktu ke waktu.

Ia menambahkan bahwa transformasi TNI menjadi institusi pertahanan yang modern harus didukung oleh sumber daya manusia berkualitas yang inovatif serta mampu mengoperasikan teknologi militer terkini. “Prajurit TNI harus memiliki kemampuan tempur yang andal, mahir dalam bela diri taktis, serta mampu memelihara Alutsista berteknologi tinggi,” lanjutnya.

Bila hal tersebut dapat terwujud, imbuh Danrem 062/TN, transformasi TNI dapat menjadi kekuatan pertahanan Indonesia yang mampu berperan di kancah regional maupun internasional.

Selain itu, Kolonel Arh Rudi Ragil juga mengingatkan seluruh prajurit TNI untuk selalu mengutamakan kepentingan rakyat di atas kepentingan pribadi. Ia menegaskan, setiap tindakan yang kurang bijak dapat merusak citra TNI sebagai tentara rakyat, pejuang, nasionalis, dan profesional.

Ia menutup sambutannya dengan menekankan pentingnya sinergi antara TNI dan komponen bangsa lainnya dalam menjaga semangat gotong royong untuk membangun Indonesia yang lebih kuat.

“Oleh karenanya, prajurit TNI harus bekerja keras dan bekerja ikhlas dengan memaksimalkan kemampuan, manfaatkan peluang, memberikan kepedulian terhadap lingkungan sekitar dan bertanggungjawab terhadap tugas yang dilaksanakan,” tandasnya.

Pian