Dandim 0611/Garut Letkol Czi Dhanisworo, S.Sos., Hadiri Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (HUT TNI) Ke-79

TNI/Polri8 Dilihat

Reformasiaktual.com//Garut ,Dandim 0611/Garut Letkol Czi Dhanisworo, S.Sos., menghadiri Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (HUT TNI) Ke-79 yang digelar di Alun-Alun Garut, Jalan A. Yani, Kelurahan Paminggir, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut Jawa Barat Acara tersebut berlangsung pada hari ini dengan tema “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawasi Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju”. Sabtu (5/10/2024)

Upacara dipimpin oleh Danrem 062/Tarumanagara Kolonel Arh Rudi Ragil SP, S.Sos., M.Si., yang bertindak sebagai Inspektur Upacara. Kegiatan ini turut dihadiri oleh unsur Forkopimda wilayah Korem 062/Tarumanagara, Para Kasi Intel Korem 062/TN, Para Dan/Kasatbalak Rem 062/TN, Para Pasi Rem 062/TN, serta Pasi Kodim 0611/Garut.

Dalam sambutannya, Kolonel Rudi menyampaikan Sambutan dari Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subianto, S.E., M.Si., yang menekankan bahwa TNI dan rakyat harus tetap bersatu demi kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Tema peringatan HUT ke-79 TNI tahun ini adalah “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju”. Tema ini dianggap sangat relevan dalam menggambarkan visi TNI sebagai kekuatan pertahanan yang profesional, responsif, integratif, modern, dan adaptif, yang siap menjaga kedaulatan dan mendukung pembangunan nasional.

Tema ini menggambarkan peran TNI sebagai pilar utama pertahanan negara, yang memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), serta mendukung percepatan pembangunan nasional. Dengan komitmen bersama rakyat, TNI siap mengawal transisi kepemimpinan nasional, dalam mewujudkan Indonesia yang maju dan berdaulat.

Panglima TNI juga menyoroti perubahan lingkungan strategis global, yang semakin kompleks dengan perkembangan politik, ekonomi, dan teknologi. Dinamika ini menimbulkan tantangan baru, termasuk dalam metode peperangan dan ancaman disruptif di berbagai bidang. Untuk itu, TNI harus terus mengembangkan kapabilitas dan meningkatkan profesionalisme prajuritnya, serta melengkapi kekuatan alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang modern.

“TNI membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang inovatif, visioner, serta mampu mengikuti perkembangan zaman untuk membangun TNI yang semakin kuat dan profesional,” ujarnya.

Lebih lanjut, Panglima TNI juga mengingatkan bahwa setiap prajurit TNI harus mengedepankan kepentingan rakyat di atas segalanya, serta menjauhi segala tindakan yang merusak citra TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, dan tentara profesional.

“TNI harus terus membangun postur yang ideal dan senantiasa melaksanakan konsolidasi kekuatan. Dengan kesiapan alutsista dan peningkatan kemampuan SDM, diharapkan TNI semakin siap menghadapi tantangan di tingkat regional dan global,” tambahnya.

Panglima TNI juga menyampaikan apresiasi kepada Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, atas dedikasi dan kerja kerasnya selama 10 tahun memimpin Indonesia. Di bawah kepemimpinannya, TNI telah mengalami banyak kemajuan dalam hal penguatan pertahanan dan keamanan nasional.

“Prestasi yang telah dicapai oleh Presiden Joko Widodo menjadi inspirasi bagi seluruh prajurit TNI untuk terus berkarya demi kejayaan bangsa,” kata Kolonel Rudi saat membacakan sambutan Panglima TNI.

Tak lupa, ia juga menyampaikan harapan besar kepada Presiden terpilih, Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto, yang diyakini akan membawa perubahan positif bagi TNI dan bangsa Indonesia.

“Kami yakin di bawah kepemimpinan beliau, TNI akan semakin kuat dan disegani oleh dunia internasional. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberkati beliau dan seluruh rakyat Indonesia,” pungkasnya.

Beberapa penekanan penting disampaikan Panglima TNI kepada seluruh prajurit TNI untuk dipedomani, yaitu:

  1. Perkuat keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Pertahankan dan tingkatkan soliditas TNI serta kemanunggalan TNI dengan rakyat.
  3. Tingkatkan kewaspadaan dan profesionalisme dalam menghadapi tantangan yang semakin kompleks.
  4. Jaga netralitas TNI, khususnya dalam menghadapi Pilkada Serentak, serta tingkatkan koordinasi dengan pemerintah daerah dalam penanggulangan bencana.
  5. Laksanakan setiap tugas dengan ikhlas, dan hindari tindakan melawan hukum yang merugikan rakyat.

Setelah upacara selesai, acara dilanjutkan dengan berbagai rangkaian kegiatan tambahan
dalam rangka HUT TNI ke-79 Tahun 2024 seperti demonstrasi pembebasan sandera, defile pasukan dan kendaraan alutsista, hiburan panggung prajurit, serta pameran alutsista dan UMKM.

Upacara berlangsung khidmat dengan nuansa kebersamaan antara TNI dan masyarakat yang semakin kuat, sesuai dengan tema peringatan tahun ini. Melalui peringatan HUT TNI ke-79 ini, diharapkan sinergi antara TNI dan rakyat semakin solid dalam mengawal perjalanan bangsa menuju Indonesia yang lebih maju.

Dalam momentum istimewa ini, hadir pula para Danramil jajaran Kodim 0611/Garut, para calon Bupati dan Wakil Bupati Garut dengan nomor urut 01 dan 02, para pengusaha BUMN/BUMD se-Priangan Timur, Ketua Ormas/LSM, veteran, OKP, komunitas, serta tamu undangan lainnya.

Pian