Forkopimda Selayar Hadiri Gelar Pengawasan Daerah

Daerah395 Dilihat


Reformasiaktual.com//KEPULAUAN SELAYAR, ReformasiAktual.com – Bangsa yang besar adalah bangsa yang dapat meneladani integritas tokoh bangsanya. Di Indonesia misalnya, Baharuddin Lopa adalah tokoh yang memiliki komitmen dan integritas yang dinilai sangat luar biasa yang patut dicontoh, ditiru serta diteladani. Pernyataan itu dilontarkan Kepala Kejaksaan Negeri Selayar, Hendra Syarbaini, SH MH saat memberikan materi pada pelaksanaan kegiatan Gelar Pengawasan Daerah (Gelarwasda) yang diprakarsai Inspektorat Daerah Kepulauan Selayar di Ruang Pola lantai II Kantor Bupati Jl Jenderal Ahmad Yani Benteng, Selasa 19 Desember 2023 siang tadi.
Sebagai narasumber, Kajari Hendra Syarbaini telah memberikan pemaparan yang berjudul “Negeri Indah Tanpa Korupsi.” Dikatakannya, saat ini terdapat sejumlah budaya dan mental masyarakat yang mendorong serta memicu terjadinya tindak pidana korupsi di Indonesia. Diantaranya, budaya dan mental yang suka mencari jalan pintas yang penting asal bapak senang serta memberikan hadiah kepada pejabat atau lebih dikenal dengan sebutan gratifikasi.” ujar Hedra Syarbaini.
Dan sebagai Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) maka seyogyanya harus mampu membawa dalam pemcapaian nilai, tujuan dan sasaran utama melalui quality assurance dan keterlibatan pengawas intenal untuk mengarahkan pada managemen organisasi sehingga nantinya akan dapat menghasilkan log term values pada organisasi pada area tata kelola, risk dan pengendalian dengan sudut pandang oversight, insight, foresight khususnya dalam mengawal kebijakan pemerintah secara keseluruhan.

  Dalam kegiatan yang berlangsung selama setengah hari ini telah mengusung thema "Early Warning System Navigasi, Aman Menuju Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik Sebagai Wujud Komitmen Pemerintah Daerah Dalam Menciptakan Azas Umum Pemerintahan Yang Baik." Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati Kepulauan Selayar, H Muh Basli Ali serta dihadiri Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sulawesi Selatan yang diwakili Kordinator Pengawas Bidang APD dan P3A, Wakil Bupati, H Saiful Arif, SH, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala Kelurahan, Kepala Desa serta sejumlah undangan lainnya.

 (M. Daeng Siudjung Nyulle)