Hj. Ismiatun Pimpin Upacara Hari Pramuka di Selatpanjang

Daerah43 Dilihat

MERANTI – Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Kepulauan Meranti Hj. Ismiatun memimpin Upacara Hari Pramuka ke-63 tahun, Rabu (14/8/2024) di Bumi Perkemahan Rumbia Berduri, Jalan Pramuka Selatpanjang. Adapun hari jadi tahun ini mengambil tema Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI.

Selain membacakan pidato dari Ketua Kwarnas Budi Waseso, Ismiatun juga menyampaikan beberapa hal dalam upacara tersebut. Salah satunya terkait kerja sama antara gerakan pramuka dengan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) di jajaran Pemkab Meranti.

“Misalnya Dinas Pendidikan dapat melibatkan Pramuka dalam kegiatan ekstrakurikuler wajib, Dinas Kesehatan dapat memberikan penyuluhan kesehatan, dan Dinas Pariwisata dapat melibatkan Pramuka dalam kegiatan promosi pariwisata,” sebutnya.

Kemudian, Ismiatun juga berharap pemerintah daerah dapat memberikan fasilitas yang memadai untuk kegiatan kepramukaan. Seperti lahan perkemahan, melengkapi dan melanjutkan pembangunan sarana dan prasarana yang lengkap, serta dukungan anggaran yang cukup melalui dinas terkait

“Saat ini kondisi pendopo kita membutuhkan perbaikan. Untuk itu kami mengajak OPD terkait untuk bersama terlibat untuk pembangunan, baik pendopo maupun lapangan perkemahan. Semoga ini bisa membangkitkan semangat adik-adik Pramuka dalam berkegiatan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Ismiatun juga melepaskan kontingen dari 9 kwartir ranting di Meranti untuk mengikuti Raimuna Daerah Riau 2024 di Bumi Perkemahan Tengku Buwang Asmara Kabupaten Siak.

“Jaga kesehatan, jaga kekompakan, dan jaga nama baik Kabupaten Kepulauan Meranti,” pesan Ismiatun.

Turut hadir dalam upacara itu, unsur Forkopimda Kepulauan Meranti, para asisten, staf ahli dan para kepala OPD, dan sejumlah pejabat dan tamu undangan lainnya. (Prokopim)