Puncak HUT RI Ke-77, 234 SC Regwil Pemalang Menggelar Gelagar Budaya Tradisional dan Santunan

Daerah798 Dilihat

Reformasiaktual.com//, Pemalang- Puncak HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, Komunitas 234 SC Regional Wilayah Pemalang Jawa Tengah menggelar gelegar budaya tradisional dan santunan anak yatim serta orang tua jompo, Sabtu (27/8/2022) malam.

Kegiatan yang digelar di sekretariat 234 SC Regwil Pemalang terletak di Jalan RE Martadinata gang Bandeng rt 02 /rw 07, kelurahan Pelutan, Pemalang itu dengan menampilkan kesenian tradisional seperti sintren. Pergelaran kesenian tradisional itu, disambut antusias oleh warga setempat dengan berbondong-bondong mendatangi lokasi kegiatan.

Ketua 234 SC Regwil Pemalang, Yogo Darminwto, S.Pd., mengatakan pucak perayaan HUT Kemerdekaan RI ke 77 dirinya dan rekan-rekan 234 SC Regwil selain mengenang para pejuang yang wafat mempertahankan bangsa tercinta, ini juga untuk kembali meningkatkan dan melestarikan kesekian tradisonal agar tidak terkikis di era zaman modern saat ini.

“Kami dari 234 SC Regwil Pemalang sengaja menampilkan kesenian tradisional seperti sintren yang kita tahu sudah jarang sekali kita lihat di pentaskan, jadi kita munculkan kembali agar kesenian tradisional tetap lestari,” ujar Yogo Darminto.

Lebih lanjut, Yogo Darminto juga menyampaikan dengan adanya pertunjukan gelagar budaya tradisional di puncak HUT Kemerdekaan ke 77 ini, sebagai momentum dalam melestarikan budaya tradisional yang ada di Indonesia khususnya di Kabupaten Pemalang.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan gelegar budaya tradisional yang kami pentaskan sebagai ajang moment dalam menjaga dan melestarikan kesenian tradisional yang ada di Indonesia khususnya di Kabupaten Pemalang,” tutur Yogo Darminto.

Selain itu, Yogo Darminto juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada rekan-rekan yang tergabung dalam 234 SC Regwil Pemalang khususnya panita pelaksana kegiatan ini dan juga semua pihak sponsor yang telah mendukung acara kegiatan ini sehingga acara berjalan lancar dan sukses.

“Saya ucapkan terimakasih kepada panita dan semua pihak khususnya sponsor yang telah mendukung acara kami, semoga kedepan bisa lebih meriah dan lebih banyak kami pertunjukan kesenian tradisional di kabupaten Pemalang,” pungkas Yogo yang akrab disapa Bang Jarot.

Sementara itu, Ketua Panita penyelenggara, Widiyana Aji S, S.Pd., mengatakan bahwa dengan kesolidan dan kerja keras rekan-rekan pejuang 234 SC Regwil Pemalang acara yang digelar malam ini berjalan sukses dan lancar.

“Alhamdulillah walaupun persiapan kami sangat singkat, namun kerja keras dan kekompakan rekan-rekan pejuang 234 SC Regwil Pemalang terselenggara seperti yang kita harapkan,”tutur Aji.

Dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam acara ini, “saya berharap kedepan acara serupa bisa kami selenggarakan tiap tahun dan bisa lebih banyak kami pertunjukan kesenian tradisional yang lain agar kesenian dan budaya tradisional tetap lestari dan terjaga,” pungkasnya.

 

(USMAN-RA).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *