AKIBAT HUJAN DERAS CUACA EKSTREM BAHU JALAN KABUPATEN TERKIKIS DAN LONGSOR LAGI

Tragredi271 Dilihat

Reformasiaktual.com// Kab Bandung Barat- Hujan deras dengan disertai angin kencang siang dan malam hari menyebabkan terjadinya longsor, banjir dan pohon tumbang di beberapa lokasi di wilayah Kabupaten Bandung Barat, Selasa, (28/022023)

Telah terjadi bencana longsor sekitar pukul 05.00 WIB di Kampung Tugumukti, RT1/RW7, Desa Tugumukti, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Titik longsor kedua terjadi di akses Jalan Raya Tugumukti sepanjang 30 meter dengan ketinggian sekitar 50-100 meter lebih menggerus badan jalan sehingga menyempit dan tidak bisa dilalui kendaraan besar juga secara bersamaan.

Menurut petugas lapangan BPBD Kabupaten Bandung Barat Suheri mengatakan, saat ini pihak BPBD Kabupaten Bandung Barat, Pemerintahan Desa Tugumukti serta dibantu kepolisian Polsek Cisarua dan warga masyarakat Tugumukti melakukan gotong royong penanganan awal dengan memasang karung berisi tanah dan pasir agar aliran air tidak mengalir ke titik losor dan akan menutup tempat longsoran oleh trepal supaya kalau hujan air langsung turun dan tidak rembes

Suheri menambahkan, selain itu untuk kendaraan besar dengan tonase besar untuk sementara tidak boleh melewati akses jalan tersebut, mengingat akses jalan menyempit dan tidak bisa dilalui kendaraan besar.
Untuk saat ini kendaraan yang bisa lewat hanya sepeda motor dan kendaraan kecil. Dan himbauan kepada masyarakat yang mau lewat harus lebih hati-hati saat melintas di jalur tersebut,” ujarnya

Dilihat kondisi longsor titik kedua saat ini, sudah terlihat retakan-retakan di areal jalan dengan kondisi seperti ini berpotensi terjadinya longsor susulan jika tidak secepatnya dilakukan penanganan lebih lanjut, retakan terlihat di bahu jalan dan sangat riskan jika dilintasi oleh kendaraan besar dengan membawa muatan.

Kejadian longsor titik kedua ini tidak ada korban jiwa, Suherli menyebutkan longsoran material tanah mengarah ke kebun milik warga
Material tanah bergerak ke kebun warga dan tidak ada pemukiman warga di bawah areal longsor.

Perbaikan jalan kabupaten yang ambles dan longsor di Kampung Tugu RT 01/07, Desa Tugumukti, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB), butuh dana Rp1 miliar. Karena itu, perbaikan belum bisa dilakukan tahun ini.

Padahal, kondisi jalan ambles dan longsor itu membahayakan masyarakat yang melintas. Hanya satu jalur yang bisa dilintasi. Sementara jalan ambles dan longsor tepat di sisi jurang sedalam 50-100 meter.

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang ( PUTR) Kabupaten Bandung Barat,” Aan Sopian Jum’at ( 24/02/2023) menyatakan, Tahun ini untuk perbaikan jalan di kampung Tugumukti, Desa Tugumukti, Kecamatan Cisarua, belum teranggarkan, jadi kami belum bisa action di lapangan, ujarnya.

Aan Sopian, kemungkinan paling cepat, anggaran perbaikan bisa saja dialokasikan di APBD perubahan pada akhir tahun.
Padahal jalan ambles dan longsor di Tugumukti Cisarua 2 Tahun lagi tidak diperbaiki kemungkinan terancam putus.
Anggaran yang dibutuhkan cukup besar, sekitar Rp1 miliar jadi langkah yang bisa dilakukan terlebih dulu adalah kajian oleh pihak konsultan, terkait penanganannya,” Pungkas,” Aan Sopian.

(Aan iyus RA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *