Usung Tema, Peduli dan Bangga Pemalang Aman, Pemalang Peringati Hari Jadi ke-447, Ini Rangkaian Kegiatannya.

Daerah1505 Dilihat

 

 

 

 

π™π™šπ™›π™€π™§π™’π™–π™¨π™žπ™–π™ π™©π™ͺ𝙖𝙑. π™˜π™€π™’//π™‹π™šπ™’π™–π™‘π™–π™£π™œ/π™…π˜Όπ™π™€π™‰π™‚. Pada 24 Januari 2022 nanti, Kabupaten Pemalang, genap berusia 447 Tahun. Kabupaten Pemalang sendiri adalah kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini berada di Jalur Utama Nasional Pantura (Pantai Utara Jawa) yang menghubungkan antara Jakarta – Cirebon – Semarang dan Surabaya. Berdasarkan diskusi para pakar sejarah, yang dibentuk oleh tim Kabupaten Pemalang tentang hari jadi Pemalang jatuh pada 24 Januari 1575.

Bertepatan dengan Hari Kamis Kliwon tanggal 1 Syawal 1496 Je 982 Hijriah. Serta ditetapkan dalam Peraturan Daerah Kabupaten Dati II Kabupaten Pemalang Nomor 9 Tahun 1996 tentang Hari Jadi Kabupaten Pemalang.

Tahun 1575 ini diwujudkan dengan bentuk Surya Sengkolo β€œLunguding Sabdo Wangsiting Gusti” yang mempunyai arti harfiah : kearifan, ucapan/sabdo, ajaran, pesan-pesan, Tuhan, dengan mempunyai nilai 5751.

Sedangkan untuk tahun 1496 je diwujudkan dengan Candra Sengkala β€œTawakal Ambuko Wahananing Manunggal” yang mempunyai arti harfiah berserah diri, membuka, sarana/wadah/alat untuk, persatuan/menjadi satu dengan mempunyai nilai 694.

Berdasarkan rilis resmi Panitia Peringatan Hari Jadi Kabupaten Pemalang ke 447 Tahun, sedikitnya ada 17 (tujuh belas) kegiatan dalam rangkaian acara peringatan yang akan dilaksanakan. Kegiatan itu dimulai pada tanggal 22 Januari 2022, dan akan berakhir sampai dengan 26 Januari 2022 mendatang.

Hari jadi Kabupaten Pemalang yang ke 447 Tahun, mengusung tema π™‹π™šπ™™π™ͺπ™‘π™ž 𝙙𝙖𝙣 π˜½π™–π™£π™œπ™œπ™–, Adapun rangkaian kegiatannya meliputi, Ziarah ke makam Leluhur, BOP Viral Blast, yang akan dilaksanakan pada tanggal 21 Januari 2022, Silaturahmi Peduli dan Bangga Bersama (Wakil Ketua MPR-RI, Tokoh Nasional, Ikmal, dan Pemkab Pemalang), yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 Januari 2022, Tampilan kesenian dari DKD dan Lomba memasak, Lomba Kicau Burung (Bupati Cup)di gelar Perhutani Pemalang, Apel Wawasan Kebangsaan, dan Nguri-uri Budaya yang di ikuti 10 (sepuluh) orang peserta, serta Semaan dan Khataman Al Quran, yang akan dilaksanakan pada tanggal 23 Januari 2022.

Untuk puncak hari jadi Kabupaten Pemalang, yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 Januari 2022 mendatang, yakni Kirab Kereta Kencana, Rapat Paripurna DPRD, serta Tasyakuran dan Pentas Kesenian Angklung Mang Ujo dan Bumplak Pulasari.

Selain itu, pada tanggal 25 Januari 2022, akan dilaksanakan Launching Buku Bapak Bupati Pemalang , Lounching Program ” Gerakan Njuh Sekolah Maning”, Teatrikal Tentang Njuh Sekolah Maning, di gelar di Pondopo Kabupaten Pemalang, dan di lanjut Peresmian Ibu Kota Baru Kecamatan Bodeh, serta Pemetasan Wayang Kulit pada pukul 19.30 Wib di aula Pendopo Kabupaten Pemalang. Di tutup acara, Teatrikal Babad Tanah Pemalang, yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 Januari 2022 pukul 19.30 Wib, di aula Pendopo Kabupaten Pemalang.

Usman M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *