Special Education Expo 2023 SLB se-Jawa Barat Digelar Di Kabupaten Garut

Daerah428 Dilihat

GARUT, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat menggelar Special Education Expo 2023 dengan tema “From Disability to Artability, Equality, and Equity” di Gedung Art Center, Jalan Proklamasi, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut pada Rabu dan Kamis 6-7 /09/2023

Kegiatan ini mendapat apresiasi dari Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, dr. Maskut Farid. Dalam sambutannya, ia menggarisbawahi pentingnya pendidikan Sekolah Luar Biasa (SLB) di Kabupaten Garut, yang saat ini memiliki sekitar 35 SLB dengan populasi penduduk mencapai 2,7 juta jiwa. Menurutnya, inisiatif pemerintah untuk mendukung anak-anak berkebutuhan khusus sangat penting dalam mewujudkan kemandirian dan kreativitas mereka.

“Dan kami di pemerintahan juga sangat memperhatikan hal ini, banyak kegiatan yang diusahakan untuk memfasilitasi anak-anak kita. Karena kami beranggapan bahwa khususnya bagaimana agar orang-orang berkebutuhan khusus itu bisa lebih mandiri, bisa lebih semangat hidup, dan juga bisa berkreasi,” ucap Maskut.

Ia berharap, melalui kegiatan seperti ini dapat membuka pengetahuan masyarakat Garut tentang pentingnya pendidikan SLB bagi anak berkebutuhan khusus.

Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Yesa Sarwedi Hamiseno, juga turut berbicara tentang pentingnya memberikan kesempatan yang sama kepada anak-anak berkebutuhan khusus dalam pendidikan. Ia menekankan bahwa anak-anak ini memiliki potensi dan bakat yang luar biasa, yang terbukti melalui Lomba Kompetensi Siswa Nasional (LKSN) PDBK dan expo PDBK

“Saya melihat ternyata banyak sekali anak-anak kita yang notabene punya kekurangan tapi ternyata bisa menunjukkan bakat dalam hal-hal tertentu, bisa melebihi dari teman-teman yang seusianya atau yang non PDBK,” ucapnya.

Yesa menerangkan, bahwa anak-anak berkebutuhan khusus wajib diberikan kesempatan yang sama dengan anak-anak yang lain, agar bisa memperoleh pendidikan termasuk memberikan kepercayaan untuk tetap berkreasi dan beraktivitas untuk meningkatkan kompetensi dalam meningkatkan rasa kemandirian dan percaya diri setelah nantinya lulus dari sekolah.

Ia berharap, dengan diselenggarakannya beberapa kegiatan seperti Special Education Expo 2023 ini, dapat meningkatkan rasa percaya diri serta pola pembelajaran kedepan yang nantinya akan disampaikan kepada anak berkebutuhan khusus.

“Termasuk hasil dari apa yang menjadi kegiatan hari ini mudah-mudahan bisa didengar juga dengan perusahaan-perusahaan, dengan industri sehingga ada kolaborasi dengan mereka,” katanya.

Kepala Bidang Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK) Disdik Provinsi Jabar, Deden Saeful Hidayat, menjelaskan bahwa Special Education Expo ini bertujuan untuk mengapresiasi potensi dan kompetensi anak-anak berkebutuhan khusus. Acara ini juga menjadi wadah untuk masyarakat melihat hasil karya mereka, dengan harapan meningkatkan dukungan terhadap sekolah berkebutuhan khusus.

“Tujuan utamanya adalah bagaimana masyarakat bisa melihat hasil karya anak-anak kita, nah dampaknya nanti masyarakat semakin percaya kepada sekolah sehingga nanti anak-anak bisa disekolahkan ke sekolah luar biasa atau di sekolah umum agar mereka tidak lagi disembunyikan, tidak lagi dibiarkan ya,” ucapnya.

Di acaranya yang sama Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Drs. Wahyu Mijaya, S.H., M.Si.
Harapan dengan Gelaran spesial Education Expo ( SEE) 2023 para siswa – Siswi bisa mandiri dengan mengali potensi potensi masing – masing dengan Melalui proses Pembelajaran Kurikulum Merdeka belajar

” Saya harap Kegiatan – kegiatan ini yang sangat bagus bisa menampilkan berbagai karya dan Seni dari siswa – siswi jadi banyak potensi dari siswa- siswi SLB dan potensi ini kita bisa suguhkan ,bisa per lihatkan dan ini menjadi peluang ekonomi masa depan rekan rekan baik di sekolah maupun direkan- rekan Siswa dikehidupan masa depan nya “

“Kemandirian siswa siswi tentunya sebuah proses yang bisa di bangun lewat pendidikan di sekolah melalui kurikulum merdeka belajar kita semua menghendaki membangun kepercayaan diri , kemandirian siswa -Siswi mudah mudahan selesai sekolah bisa mandiri bisa menghasilkan berbagai karya Seni yang sesuai dengan Kemampuan masing masing dan untuk itu bisa untuk bekal ilmu yang di dapat buat menjalani kehidupan masa depan ” Pungkasnya

Pian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *