Kunjungan Kerja Kepala BBPMP Jabar terkait Peningkatan Mutu Pendidikan di Kabupaten Garut

Daerah235 Dilihat

GARUT, Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Jawa Barat (Jabar) melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Garut, Rabu (30/08/2023). Kepala BBPMP Jabar, Sri Wahyuningsih, beserta rombongan diterima oleh Bupati Garut, Rudy Gunawan, di Ruang Pamengkang Pendopo Garut.

Selama pertemuan tersebut, Bupati Garut, Rudy Gunawan, dengan menegaskan komitmennya untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Garut. Kepala BBPMP Jabar, Sri Wahyuningsih, mengungkapkan apresiasinya terhadap semangat dan dedikasi Bupati Garut dalam mendorong pencapaian mutu pendidikan di Kabupaten Garut.

“Luar biasa komitmen beliau dalam mendukung capaian mutu pendidikan Garut menjadi pilar penyangga peningkatan kualitas SDM secara nasional, tadi kita tingkatkan kolaborasi dan kerjasama antara kementerian dalam hal ini pemerintah, dan mohon dukungan masyarakat Garut secara menyeluruh dan tim pendidikan untuk kita bersama-sama meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Garut,” ujar Sri.

Dalam diskusi yang hangat, Bupati Garut menegaskan beberapa pesan penting. Salah satu fokus utamanya adalah peningkatan kompetensi guru. Bukan hanya aspek akademik, tetapi juga kompetensi manajerial dan literasi harus ditingkatkan. Ia mengakui perkembangan positif dalam mutu pendidikan di Kabupaten Garut, yang tak lepas dari peran kepemimpinan yang proaktif dalam bidang pendidikan.

“Alhamdulillah Dinas Pendidikan juga sangat komit ya dalam meningkatkan pendidikan,” ucapnya.

Sri Wahyuningsih berharap agar sinergi antara pemerintah daerah, masyarakat, dan mitra pembangunan semakin diperkuat. Ia menekankan pentingnya peran orang tua dalam mendukung program-program pemerintah. Upaya pembekalan dan sosialisasi kepada masyarakat menjadi kunci dalam menjaga keberhasilan dan kelancaran implementasi kebijakan pendidikan. Sehingga pemerintah dan masyarakat semakin erat hubungannya dan bisa terus berkolaborasi.

“Harapan kami masyarakat juga perlu diberikan pembekalan, sosialisasi, dan tentunya ini sekali lagi untuk meningkatkan kolaborasi, dan masyarakat menjadi paham terhadap berbagai kebijakan yang memang tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan (dan) mutu layanan kepada masyarakat itu sendiri,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Garut, Rudy Gunawan, berpendapat bahwa strategi “Merdeka Belajar” akan menjadi kunci dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia, khususnya di Kabupaten Garut. Program ini akan dimulai melalui peningkatan status guru penggerak dan sekolah penggerak.

“Kami yakin strategi merdeka belajar akan menciptakan sumber daya manusia yang Pancasilais, berakhlakul karimah, berwawasan internasional, dan tentu berdedikasi tinggi. Merdeka belajar, Top!,” nya penuh optimis.

Pian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *