Hadiri Peringatan HSN 2023, Kapolres Purwakarta Pesan Ini Untuk Para Santri

TNI/Polri470 Dilihat

PURWAKARTA – reformasiaktual.com Hari Santri Nasional diperingati pada tanggal 22 Oktober dalam setiap tahunnya. Diketahui bahwa hari Santri ditetapkan melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 yang mengatur tentang Hari Santri. Untuk Hari Santri Nasional 2023 jatuh pada hari ini, Minggu 22 Oktober 2023.

Pada Hari Santri 2023 ini, Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain berharap agar santri tetap menjadi benteng kemerdekaan serta tidak terpengaruh dengan paham-paham radikal yang ingin merusak dan memecah NKRI.

“Kami meyakini bahwa dalam jiwa santri nilai-nilai toleransi sudah melekat. Nilai-nilai toleransi saya kira sudah melekat dalam jiwa para santri. Karena nilai toleransi, kebersamaan sudah terbangun di pondok pesantren,” ungkap Pria yang akrab disapa Edwar itu, pada Minggu, 22 Oktober 2023.

Diungkapkannya, pesantren adalah modal untuk mencetak generasi muda yang memiliki pengetahuan dan keterampilan.

Edwar meyakini pesantren tidak hanya membentuk generasi yang memahami agama. Adaptif pesantren adalah modal untuk mencetak generasi muda yang memiliki pengetahuan dan keterampilan.

“Mereka juga dipupuk agar punya patriotisme. Begitulah mereka diajarkan dan dipupuk di pesantren. Dewasa ini pendidikan di pesantren ditunjang dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi agar santri tidak melulu hanya pandai bicara soal agama. Santri masa kini mesti tampil sebagai kosmopolit,” ujar Edwar.

Menurutnya, di pesantren generasi dididik agama, rasa nasionalisme dan dituntut kuat mentalitasnya.

“Mereka generasi penerus yang Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan dimana sesuai dengan tema hari santri tahun ini,” imbuhnya.

Edwar juga memiliki harapan besar terhadap santri untuk bisa memberikan kontribusi nyata bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) setelah kemerdekaan.

“Kami berharap santri tidak hanya pintar dalam ilmu agama tapi juga harus memiliki keilmuan umum yang memadai sehingga bisa berkontribusi dalam pembangunan dan kesejahteraan Indonesia,” pungkasnya.

RN / red