MARKET DAY Mahasiswa Kampus Mengajar 7 2024 SD Negeri Gandrung Endah

PENDIDIKAN174 Dilihat

Reformasiaktual.com//Cisarua Bandung Barat- Sekolah Dasar (SD) merupakan salah satu tempat dimana anak-anak bisa mengekspresikan diri dan berkarya. Sekolah Dasar (SD) juga menjadi wadah untuk mengimplementasikan berbagai pembelajaran melalui berbagai proyek dalam membentuk karakter Pancasila sejak dini.

Namun, keterbatasan ide dan kurangnya inovasi selama proses pembelajaran juga menjadi sebuah kendala dalam membantu anak-anak untuk bisa berkreasi. Hali ini akan berdampak pada rendahnya minat dan keaktifan anak-anak di sekolah.

Kendala inilah menjadi salah satu alasan tim pengabdian mahasiswa kampus mengajar kelompok 7 tahun 2024, mengembangkan proyek pembelajaran bernama Market Day dan Gelar Karya. Acara ini diselenggarakan pada Selasa 4 Juni 2024, di SD Negeri Gandrung Endah, Desa Jambudipa, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Program ini bertujuan untuk mengedukasi para siswa melalui pembelajaran proyek, serta membantu para guru dalam menerapkan berbagai program dalam Kurikulum Merdeka di sekolah tersebut.

Acara Market Day dan Gelar Karya merupakan program kerja yang kolaborasi dengan para guru Sekolah Dasar setempat. Berfokus pada mengimplementasikan salah satu program Kurikulum Merdeka, acara ini merupakan hasil observasi sekolah dasar terkait program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

“ketua kelompok Mahasiswa Kampus Mengajar 7 menyatakan,” kami punya ide untuk membuat sebuah acara yang belum pernah diadakan di sekolah. dengan kegiatan ini Kepala sekolah dan para guru SD Negeri Gandrung Endah mendukung dan antusias dalam kegiatan ini sehingga kami para mahasiswa juga ikut terdorong dan termotivasi dalam merealisasikan program kerja tersebut,” terangnya.

Ia menambahkan bahwa “Program ini juga bisa menjadi sarana bagi siswa Sekolah Dasar mengenal keterampilan berwirausaha sejak dini, membuat sebuah karya seni menarik, sekaligus menjadi contoh bagi Sekolah Dasar lainnya. Para guru dapat memperkenalkan potensi dan mengedukasi murid tentang keterampilan berwirausaha dan karya seni sejak dini”

Ia berharap Market Day dan Gelar Karya memberikan dampak yang baik terutama bagi perkembangan para murid yang ada di SD Negeri Gandrung Endah. Proses kegiatan yang dilaksanakan diharapkan bisa berdampak besar bagi para dalam menciptakan suasana belajar yang unik dan kreatif.

Mewakili tim Mahasiswa Kampus Mengajar 7 juga menyampaikan terima kasih atas partisipasi dan kolaborasi para guru Sekolah Dasar Negeri Gandrung Endah atas Antusiasme dan keseruan antara mahasiswa dengan para siswa di sekolah diharapkan mampu memberikan pengetahuan dan wawasan baru lewat proyek pembelajaran yang kreatif sesuai dengan panduan dalam Kurikulum Pungkasnya.

Kepala Sekolah SD Negeri Gandrung Endah Lisda Dewiningsih A.M.d, S P.d, M.P.d, menyatakan selamat dan berterimakasih kepada semua pihak atas kehadirannya juga dukungannya di acara,” Market Day ” mengusung tema Pesona Budaya Dalam Sentuhan Modern yang bermakna, Daya Tarik Budaya dengan Adanya Kreasi Nyata agar lebih menarik dalam kondisi saat ini (Dunia Modern).

“Saya berharap Pameran Karya/Gelar Karya, Market Day/Simulasi Pasar, Cerdas Cermat, Menyanyi, Menari, Mendongeng dan Peragaan Busana / Fashion Show,” kegiatan Market Day ini, untuk memberikan apresiasi hasil kerja keras siswa, mendorong semangat kreativitas siswa, sekaligus motivasi siswa agar lebih berani dalam mengekspresikan diri dalam mengembangkan potensi dan bakat.

Kepala Sekolah SD Negeri Gandrung Endah berharap,” Market Day ini terus tumbuh di diri siswa- siswi dikemudian hari sebagai bekal mengembangkan bakatnya nanti,” harapnya.

Lisda Dewiningsih Kepala Sekolah SD Negeri Gandrung Endah menambahkan bagi para guru teruslah mencari ide-ide kreatif agar pembelajaran terasa menyenangkan, untuk para Mahasiswa yang akan menjadi guru- guru penerus dikemudian hari agar terus menggali dan mencari Inovasi-Inovasi baru untuk diterapkan di dunia pembelajaran disekolah.

“Terima kasih kepada bapak ibu guru juga kepada Mahasiswa Kampus Mengajar 7, Komite Sekolah SD Negeri Gandrung Endah dan Paguyuban orang tua siswa, yang selalu, bekerjasama, mendorong, mendukung, kegiatan – kegiatan di SD Negeri Gandrung Endah, kepada anak-anak kelas 1 Sampai kelas 6, yang ibu banggakan, kegiatan ini menjadi titik tolak untuk selalu berkreasi dan mengembangkan potensi diri yang kalian miliki, dengan segala kekurangan pada kegiatan ini, terima kasih telah berkolaborasi dengan sangat baik, sehingga kegiatan ini berjalan sesuai dengan rencana dan lancar,” pungkasnya.

Journalist Aan iyus RA