PNM Garut Gelar PKU Akbar dengan Tema ” Nutrisi Terjaga ,UMKM Ceria “

Daerah269 Dilihat

Reformasiaktual .com//GARUT, PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Garut mengadakan Pelatihan Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) Akbar bertema “Nutrisi Terjaga, UMKM Ceria” di Gedung Art Center, Jalan Proklamasi, Tarogong Kidul, Kamis (5/9/2024).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Garut, Nurdin Yana, menyampaikan Apresiasi atas inisiatif PNM yang memberikan dukungan kepada masyarakat, terutama nasabah, melalui tiga pilar kompetensi: pembiayaan, permodalan, dan digitalisasi.

“Tiga kompetensi ini sangat signifikan untuk mengembangkan usaha. Saya mengapresiasi bagaimana PNM juga menyentuh aspek Rekayasa atau diversifikasi produk, ini yang paling penting,” ujar Nurdin.

Nurdin juga berterima kasih kepada PNM atas program yang mendukung masyarakat Garut, termasuk pembinaan bagi nasabah hingga salah satu produk lokal, Batik Ceria, dipamerkan di Budapest. Ia berharap peningkatan pendapatan UMKM akan berdampak positif pada kesejahteraan masyarakat.

“Kemudian reward terkait nasabah PNM yang berprestasi juga diberikan, seperti umroh, bantuan permodalan, hingga fasilitasi untuk mempublikasikan produk. Ini sesuatu yang jarang,” Tuturnya

Pj. Pimpinan Cabang PNM Garut, Ramadhan Firmansyah, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan program pemberdayaan nasabah program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) di Kabupaten Garut. Acara ini dihadiri sekitar 600 nasabah Mekaar yang mendapatkan materi dari Dinas Kesehatan terkait stunting, serta literasi keuangan dari BI dan OJK.

“Kegiatan ini selain untuk meningkatkan kompetensi nasabah, karena PNM itu memiliki tiga pilar utama, modal utama, yang pertama modal pembiayaan, modal sosial dan modal intelektual,” ucapnya.

Ramadhan menambahkan, dalam kegiatan ini para nasabah diberikan pemahaman mengenai hard skill dan soft skill. Selain itu, para nasabah juga dapat bersilaturahmi dengan nasabah lainnya, serta bertukar informasi agar usaha yang mereka kelola dapat lebih meningkat kembali.

Ramadhan berharap kegiatan ini dapat menjadi ajang literasi bagi nasabah untuk meningkatkan pengetahuan dan usaha mereka.

“Harapannya, usaha Nasabah PNM lebih berkembang dan mereka sehat sesuai dengan tema ‘Nutrisi Terjaga, UMKM Ceria’,” pungkasnya.

Pian