Bupati Kepulauan Selayar Kukuhkan 77 Kades dan 413 BPD

Daerah1194 Dilihat

KEPULAUAN SELAYAR, ReformasiAktual.com – Pada Pengukuhan 77 Kepala Desa (Kades) dan 413 Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di sepuluh wilayah kecamatan daratan dan pulau di Kabupaten Kepulauan Selayar. Sebanyak 38 Kades dan 235 anggota BPD di daratan Pulau Selayar berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Lantai II Jl Jenderal Ahmad Yani Benteng Selayar Sulawesi Selatan, Jumat 26 Juli 2024 pagi kemarin. Pada acara seremonial pengukuhan itu, Bupati H Muh Basli Ali menegaskan,” Para Kades dan anggota BPD dalam menjalankan amanah dan kepercayaan masyarakat mesti harus berhati-hati dalam mengelola keuangan desa.
“Jangan sok pintar yang pada akhirnya akan menimbulkan kesalahan dan kekeliruan yang bisa berakibat fatal serta berdampak hukum. Segala sesuatu yang diperlukan harus dikonsultasikan atau dikoordinasikan sehingga pada pelaksanaannya sesuai dengan mekanisme dan peraturan perundang-undangan. Oleh karena itu, dalam melaksanakan perpanjangan masa jabatan khususnya yang berkaitan dengan penggunaan dan pengelolaan keuangan maka mesti dikoordinasikan dengan Aparat Penegak Hukum (APH), baik itu Inspektorat, Kejaksaan dan Kepolisian sehingga pelaksanaan pengawasan dan pemantauan menjadi lebih jelas dan terarah.” tegas Bupati Selayar.
Ketika ada sosialisasi yang melibatkan Kepala Desa, Anggota BPD dan Camat maka mestinya Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinas PMD) harus memanfaatkan ruang koordinasi itu. Jangan merasa ragu apalagi merasa sangat pintar. Ingat bahwa semakin lama masa jabatan maka pastinya tanggungjawab juga akan semakin berat. Olehnya itu, sekali lagi saya tegaskan, Berhati-hatilah dalam mengelola dan membelanjakan anggaran desa baik melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) melalui Pemerintah Pusat.” warning H Muh Basli Ali.
Agar perpanjangan masa jabatan kepala desa dan anggota BPD dari enam (6) tahun menjadi delapan (8) tahun berjalan efektif dan benar maka harus dibarengi dengan peningkatan pelayanan kepada masyarakat demikian pula dengan perubahan Rencana Panjang Jangka Menengah Desa (RPJMDes) mesti harus disesuaikan sesegera mungkin agar mempunyai landasan hukum yang kuat untuk dua (2) tahun kedepan.” H Muh Basli Ali menambahkan.
“Tingkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat untuk dua tahun kedepan serta dengarkan yang menjadi aspirasi dan tuntutan rakyat. Selesaikan dan tuntaskan berbagai program yang sudah direncanakan.” pinta H Muh Basli Ali penuh harap. 
Ke- 38 Kepala Desa yang memperoleh perpanjangan masa jabatan diantaranya, Kepala Desa Tamalanrea, Awaluddin, Kades Bontona Saluk, Ahmad Yani, Kades Kayubau, Rizal Anshari, Kades Pamatata, Tunru, Kades Bungaiya, Alimuddin, Kades Maharaiya, Abd Rahman, Kades Menara Indah, Saenal Arifin dan Kades Tanete, Darwis di Kecamatan Bontomate’ne. Kemudian diwilayah Kecamatan Bontomanai yakni Kades Mare-Mare, Arman, Kades Polebungin, Andi Ardi, Kades Barugaiya, Muhammad Yusri, Kades Jambuiya, Muhammad Ridwan, Kades Bontomarannu, Andi Alang, Kades Bontokoraang, Nur Alim dan Kades Bonea Timur, Patri Edi.
Sedangkan di Kecamatan Bontoharu masing-masing Kades Bontolebang, Muh Arsyad, Kades Kahu-Kahu, Usman, Kades Bontoborusu, Langke dan Kades Bontotangnga, Kamiruddin. Untuk wilayah Kecamatan Bontosikuyu terdiri dari Kades Patikarya, Nursia, Kades Harapan, Arman, Kades Patilereng, Saharuddin Arief, Kades Laiyolo Baru, Hasanuddin, Kades Laiyolo, Bakhnur Afandi, Kades Binanga Sombaiya, Muh Ardin, Kades Lantibongan, Nurdana, Kades Lowa, Muh Askin Kades Appatanah, Marzan, Kades Bahuluang, Laode Sumitro, Kades Tambolongan, Makkawaru dan Kades Polassi, Mustakim. Sementara di Kecamatan Buki diantaranya, Kades Buki, Muhammad Said, Kades Buki Timur, Nur Kamar, Kades Lalang Bata, Zainal Arifing, Kades Bontolempangan, Jamaluddin dan Kades Mekar Indah, H Nurdin.
Pengukuhan ini dihadiri oleh Kajari, Hendra Syarbaini, SH MH, Dandim 1415 Selayar, Letnan Kolonel Inf Nanang Agung Wibowo, Kapolres, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Adnan Pandibu, SH, S.IK, Asisten II Setda, Ir H Arfang Arif, Kepala Dinas Perhubungan, Drs H Suardi, Ketua Tim Penggerak PKK Kepulauan Selayar dan sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) serta beberapa undangan lainnya. 
Sebelumnya, Bupati Muh Basli Ali juga melakukan pengukuhan sebanyak 39 Kades dan 178 anggota BPD dilima (5) wilayah kecamatan dan difokuskan pada tiga ibukota yang berbeda. Yaitu di Benteng ibukota Kecamatan Pasi’masunggu, Bonerate ibukota Kecamatan Pasi’marannu dan Batang ibukota Kecamatan Taka Bonerate. (M. Daeng Siudjung Nyulle/Humas Pemda)