Babinsa Desa Rajuni Pimpin Gotong Royong Bangun Akses Jalan Menuju Puskesmas

TNI/Polri1011 Dilihat

KEPULAUAN SELAYAR, ReformasiAktul.com – Gotong royong atau tolong menolong masih menjadi budaya atau tradisi yang dipupuk dan dipelihara secara turun temurun di Pulau Rajuni Kecamatan Taka Bonerate Kepulauan Selayar Sulawesi Selatan. Gotong royong yang lebih lazim oleh masyarakat Selayar menyebutnya kerja bhakti. Pada Jumat, 09 Juni 2023 sekira pukul 07.15 Wita pagi tadi, warga setempat yang didominasi Suku Bajo telah melaksanakan gotong royong membangun akses jalan menuju Ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Rajuni dengan ukuran lebar tiga (3) meter dan panjang 15 meter.

        Gotong royong atau kerja bhakti kata Bintara Pembina Desa (Babinsa) Abdul Kadir memiliki banyak manfaat. Diantaranya agar terwujud lingkungan masyarakat yang dinamis, harmonis dan nyaman. Dapat menjadikan pekerjaan individu menjadi lebih mudah dan ringan sekaligus bisa berdampak positif terhadap ketentraman dan ketertiban bagi warga serta meningkatkan keamanan lingkungan tempat tinggal.

       Selain mempunyai manfaat juga memiliki tujuan. Salah satu tujuan yang diharapkan dengan terbangunnya akses ini kata Babinsa Desa Rajuni, Kopral Satu (Koptu) TNI Abdul Kadir adalah untuk menjalin persaudaraan, kekeluargaan dan hubungan silaturrahmi antara dua suku yang bermukim di Pulau Rajuni dalam Kawasan Taman Nasional Laut Taka Bonerate. Yakni Suku Bugis dan Suku Bajo.” katanya.

        Kegiatan yang berlangsung selama setèngah hari ini yang dimulai pada sekitar jam 07.15 dan berakhir pada pukul 10.50 Wita dengan dihadiri oleh Sekretaris Desa, Ilham Saputra, anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yaitu Firdaus dan Bambang. Hadir pula Kepala Dusun Rajuni Utara, Serun K dan Kepala Dusun Rajuni Selatan, Aminuddin serta puluhan warga setempat. Sementara Ketua BPD nya sedang berada di Benteng ibukota Kabupaten Kepulauan Selayar karena suatu urusan yang dianggap penting.

        Pembangunan akses jalan ini dengan sumber dana secara swadaya. Diantaranya bantuan sebanyak 10 zak semen dari Babinsa dan sisanya dibantu oleh Bidan Desa, Marpiani.” ungkap Abdul Kadir via pesan singkatnya dari Rajuni.(M. Daeng Siudjung Nyulle)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *