Aiptu Ahmad Hidayat Ditemukan Tertelungkup di Kamar Mandi

Daerah748 Dilihat


KEPULAUAN SELAYAR//ReformasiAktual.com – Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Kepulauan Selayar berduka pasca meninggalnya Pejabat Sementara (Ps) Kepala Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Kepolisian Sektor (Polsek) Kota Benteng, Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu) Ahmad Hidayat saat sedang menjalankan tugas jaga di Markas Kepolisian Sektor (Mapolsek) Kota Benteng. Almarhum ditemukan meninggal dunia dalam kondisi tertelungkup dalam kamar mandi pada sore tadi, Kamis 03 Agustus 2023 sekitar pukul 18.30 Wita.
“Menurut keterangan Kapolsek Kota Benteng, Inspektur Polisi Dua (Ipda) H Ahdiansar,” Sudah menjadi kebiasaan bagi almarhum sering memilih mandi dikantor dengan alasan tidak mau meninggalkan tempat tugas saat mendapat tugas jaga selama ini.” kata Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Kepulauan Selayar, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Ujang Darmawan Hadi Saputra, SH, S.IK, M.M, M.IK.
Lebih lanjut Kapolres menyampaikan duka cita yang mendalam khususnya kepada Keluarga Besar Almarhum. “Saya sebagai Kapolres menyampaikan duka cita yang sedalam-dalamnya, semoga almarhum husnul khatimah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi cobaan ini.” katanya.
Kami juga akan terus berkoordinasi dengan pihak keluarga untuk penanganan jenazah serta prosesi pemakaman yang akan dilakukan secara Kedinasan” Kapolres menambahkan.
Kepala Satuan Reserse dan Kriminal (Kasat Reskrim) Inspektur Polisi Satu (Iptu) Nurman Matasa, SH yang memimpin langsung olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) yang digelar oleh penyidik.
Iptu Nurman menjelaskan bahwa berdasarkan keterangan awal dari rekan jaga almarhum Bripka Agus, almarhum sementara mandi sore. Oleh hasil olah TKP berkesimpulan sementara bahwa almarhum diduga kuat terjatuh di kamar mandi.
Ia juga menambahkan,” Berdasarkan informasi dari pihak keluarga dan rekan-rekan almarhum menyatakan jika Aiptu Ahmad Hidayat dalam status rawat jalan bahkan rutin melakukan chek up ke Rumah Sakit Bhayangkara di Makassar Propinsi Sulawesi Selatan.
Malahan almarhum pada pekan lalu pulang dari Rumah Sakit Bhayangkara pasca melakukan kontrol karena sakit jantung yang dideritanya. Dan ketika ditemukan almarhum dalam keadaan tertelungkup di dalam kamar mandi” Kasat Reskrim menjelaskan.
Wakapolres Kompol Abd. Rahman yang memimpin langsung proses evakuasi menyatakan bahwa setelah mendapatkan laporan dari anggota jaga, dirinya langsung ke TKP. Air dari dalam kamar mandi terlihat sudah meluap. Setelah diketuk pintu kamar mandi dan tidak mendapatkan jawaban maka dalam kamar mandi yang terkunci. Saya kata Abd Rahman kemudian memerintahkan anggota untuk melihat ke dalam melalui cela kamar mandi dan ternyata almarhum terlihat sudah terjatuh di lantai. Akupun perintahkan untuk mendobrak. Setelah pintu terbuka ternyata almarhum sudah dalam keadaan meninggal dunia” ungkap Wakapolres melalui keterangan persnya.
Saat ini lanjut dia, jenazah almarhum telah dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) KH Hayyung Benteng untuk dilakukan visum untuk memastikan penyebab kematian almarhum.” tambahnya lagi.
Dan berdasarkan catatan riwayat kedinasan, Aiptu Ahmad Hidayat pernah menduduki posisi jabatan sebagai Bagian Sumber Daya Polres Kepulauan Selayar. ia lahir di Tana Toraja (Tator) pada 22 Oktober 1966.
Almarhum bertugas di Selayar sejak tahun 1988 sebagai Bintara Polres. Ia pernah menjabat sebagai Kanit 2 Sat Reskrim pada tahun 2005, Kanit P3D Polres pada 2006, Kapospol Kecamatan Pasilambena tahun 2006, Kanit Reskrim Polsek Bontoharu dan Polsek Pasimarannu pada tahun 2007-2008, dan terakhir menjabat sebagai Ka SPKT 1 Polsek Kota Benteng.
Almarhum juga tercatat pernah mendapat Penghargaan Satya Lencana Pengabdian dari Presiden Republik Indonesia. Kemudian almarhum meninggalkan seorang Istri dan 5 orang anak. Salah satu diantara anaknya saat ini sedang mengikuti jejak ayahnya sebagai seorang anggota Polri yang sementara bertugas di Papua.

(M. Daeng Siudjung Nyulle/Humas Polres)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *