Meriahkan HUT RI Ke 78 Di Paradaiya, Kades Bontomarannu Lepas Gerak Jalan Indah

Daerah292 Dilihat

KEPULAUAN SELAYAR//ReformasiAktual.com – Tak sedikit Pemerintah Desa (Pemdes) di Kabupaten Kepulauan Selayar Propinsi Sulawesi Selatan yang menyambut secara meriah Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 78 Tahun 2023 ini. Pemerintah Desa Bontomarannu di Kecamatan Bontomanai salah satunya. Desa Bontomarannu memiliki Obyek Wisata yang diberi nama “Puncak Tanadoang” yang dikelola secara mandiri dan merupakan Wisata Nasional yang terletak sekitar 10 Km arah utara bagian timur ibukota Kabupaten, Benteng. Letaknya berada diatas ketinggian dikisaran 500 meter dari permukaan laut.

        Desa Bontomarannu memiliki tanah yang sangat subur sehingga cocok untuk tanaman vanili, rambutan, nangka dan cengkeh. Termasuk kemiri dan pala. Olehnya itu, masyarakatnya mayoritas memilih menjadi petani. 

       Pada Kamis, 10 Agustus 2023 lalu, Kampung Paradaiya Dusun Gojang Utara menjadi pusat pelaksanaan Gerak Jalan Indah yang diikuti sebanyak 20 kontingen peserta. Pelepasan Gerak Jalan Indah dilakukan oleh Kepala Desa Bontomarannu, Andi Alang, S.Pd dan dihadiri oleh Babinsa, Sersan Kepala (Serka) Andi Jumahir serta Kepala Sekolah SMP dan SD se Bontomarannu dalam menyambut dan memeriahkan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 78. 

        Selain peserta dari berbagai tingkatan sekolah, Gerak Jalan Indah ini juga dikuti oleh lima (5) PKK Dusun di Desa Bontomarannu, Perangkat Desa serta Drum Band SD Bonea Utara, Drum Band SD Paradaiya dan SD Bontomarannu. Kelima dusun itu masing-masing Dusun Bontomarannu, Gojang Selatan, Gojang Utara, Gollek dan Dusun Gantarang Lalang Bata.

        Dalam sambutannya, Andi Alang menaruh harapan agar gerak jalan indah ini dapat berjalan dengan baik, lancar hingga pelaksanaan kegiatan berakhir di Lembang Pa’ja. Tujuannya adalah untuk meningkatkan rasa solidaritas, nasionalisme dan patriotisme dalam membangun karakter masyarakat melalui lomba dan kegiatan sosial kemanusiaan. Kegiatan ini mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat dengan tumpah ruahnya warga disepanjang 2 km dari Paradaiya ke Lembang Pa’ja untuk menyaksikan gerak jalan indah ini.

         Andi Alang juga menyinggung jika Desa Bontomarannu merupakan salah satu desa terbersih dari 9 desa yang mengikuti Lomba Desa Tingkat Kabupaten Tahun 2023 ini. Kami tidak akan dapat membalas niat baik dan support semua kalangan didesa ini. Desa Bontomarannu adalah merupakan desa yang terbersih dari 81 Desa di Kabupaten Kepulauan Selayar menurut penilaian tim. 

        Olehnya itu, kami berpesan agar masyarakat Desa Bontomarannu tetap berdoa agar bisa meraih juara I pada Lomba Desa yang diselenggarakan di Kabupaten pada tahun ini.” papar Andi Alang seraya meminta warga desa tak terkecuali untuk tetap menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah disembarangan tempat. (M. Daeng Siudjung Nyulle)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *