Tajuddin Berharap, MPK dan OSIS Dapat Bersinergi

PENDIDIKAN403 Dilihat


ReformasiAktual.com//, KEPULAUAN SELAYAR – Pasangan Nomor Urut 3 Arya Ananta – Bebyta Ayudia telah terpilih secara aklamasi sebagai Ketua dan Wakil Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Sekokah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Selayar untuk Masa Bhakti 2023-2024. Sebelumnya, panitia telah menetapkan 4 Pasangan Calon (Paslon) yang terdiri dari Muhni Afifah – Nur Sakinah Bahri Paslon No 01, Diltza Qirani Zuhriyah – Ahmad Indar Dewa sebagai Paslon No 02, Arya Ananta – Bebyta Ayudya Ronandhita sebagai Palon 03 dan Paslon No 04, Surya Saputra – Yunita Aulia Sumir akan bertarung memperebutkan posisi sebagai siswa-siswi terwahid di kepengurusan OSIS di SMAN yang beralamat di Jl Bontosinde Batangmata Kecamatan Bontomete’ne Kepulauan Selayar Sulawesi Selatan.

Sebelumnya pada Sabtu, 16 September kemarin telah diadakan debat kandidat dari empat pasangan calon itu. Mereka beradu argumentasi setelah menerima pertanyaan, baik dari panitia, siswa dan guru yang dihadiri Kepala SMAN 2 Selayar, Tajuddin, S.Pd, Wakasek Kesiswaan, Drs H Muh Iqbal serta para Wakasek , Pembina OSIS, Andi Ramayana, S.Pd, serta sejumlah guru, staf Tata Usaha, Pengurus OSIS dan siswa-siswi lainnya.

Kepala SMAN 2 Selayar dalam sambutannya menyatakan,” Pengurus OSIS yang terpilih untuk Masa Bhakti 2023-2024 diharapkan dapat mengemban amanah dengan baik dan terarah. Dalam melaksanakan program kegiatan, Pengurus OSIS tidak bisa jalan sendiri tanpa melakukan konsultasi dan koordinasi serta meminta petunjuk, saran dan pendapat kepada guru pembina khususnya mengenai teknis pelaksanaan kegiatan yang dilakukan. Sebab kunci utama keberhasilan dalam berorganisasi dengan menerapkan 3 K yaitu Kerjasama, Kerjasama dan Kerjasama. Satu kata akan tetapi makna dan artinya yang mengandung perbedaan pada intinya.” tandas Tajuddin.

Dari 4 pasangan calon masing-masing memiliki kompetensi untuk menjadi orang nomor satu dalam kepengurusan OSIS SMAN 2 Selayar. Hanya saja dari penilaian panitia, Paslon Nomor Urut 03 memiliki kemampuan yang lebih dari Paslon Nomor Urut 01, 02 dan 04.

Selanjutnya pada Selasa, 19 September 2023 telah dilaksanakan Pemungutan Suara atau Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua yang telah menghasilkan pasangan nomor urut 03 yang terdiri dari Arya Ananta dan Bebyta Ayudia sebagai siswa terwahid dalam kepengurusan OSIS SMAN 2 Selayar untuk satu tahun pelajaran ke depan.

Selamat kami ucapkan kepada Ketua dan Wakil Ketua terpilih semoga mampu mengemban amanah dan dapat bekerjasama dengan baik dalam menjalankan programnya nanti. Selain itu, Tajuddin juga menaruh harapan positif terhadap Pengurus OSIS serta semua warga SMAN 2 Selayar dan juga mampu mempertahankan dan meningkatkan predikat sekolah tahun 2023 sebagai Sekolah Berkemajuan Terbaik.” paparnya penuh harap.

Sementara itu, Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Majelis Perwakilan Kelas (MPK) telah dilaksanakan pada Senin, 18 September yang diikuti pendaftar 2 pasangan calon yang dimenangkan oleh pasangan nomor urut 01 yaitu Risnawati dan Fadiyah Kalsum. Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan, Drs H Muh Iqbal dalam arahannya menyampaikan bahwa OSIS dan MPK secara struktur organisasi pada dasarnya terpisah akan tetapi dalam pelaksanaan kegiatan antara OSIS dan MPK saling bekerjasama.

Olehnya itu, komunikasi dan kerjasama harus terjalin dengan baik sehingga akan menuai kesuksesan dan keberhasilan dalam mengemban amanah pada pelaksanaan program kerjanya.” kunci Tajuddin, S.Pd sembari menambahkan bahwa secara struktural jabatan Ketua MPK jauh lebih tinggi ketimbang Ketua OSIS. Karena sebagai penentu kandidat Ketua OSIS adalah MPK.

(M. Daeng Siudjung Nyulle)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *