Bupati Garut Rudy Gunawan dan dr. Helmi Budiman Pamit Setelah 2 Priode Memimpin Kabupaten Garut

TNI/Polri222 Dilihat

Reformasiaktual.com//GARUT, Bupati Garut, Rudy Gunawan, menghadiri Rapat Paripurna DPRD Garut di Ruang Rapat Paripurna DPRD Garut. Acara ini juga menjadi momen penandatanganan Nota Kesepakatan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) yabg dilakukan Bupati Garut, Rudy Gunawan, Ketua DPRD Kabupaten Garut, Euis Ida Wartiah, dan Wakil Ketua DPRD Garut, Enan.Pada Kamis ( 30/11/2023)

Dalam sambutannya, Bupati Rudy Gunawan menyampaikan bahwa hari ini merupakan hari konstitusional terakhirnya bersama dr. Helmi Budiman setelah 10 tahun menjabat. Mereka telah berhasil menghasilkan 10 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang APBD. Rudy Gunawan menegaskan bahwa dirinya dan dr. Helmi Budiman akan berhenti dari jabatan Bupati dan Wakil Bupati Garut pada 31 Desember 2023.

“Tentu sejak itu jugalah saya merupakan bagian dari sejarah panjang Kabupaten Garut sejak tahun 1813, saya akan melaksanakan kewajiban terakhir hari ini, dan tentu kami juga penuh kegembiraan, karena menyusun APBD 2024 tidak gampang,” ucapnya.

Rudy menjelaskan bahwa menyusun APBD tahun 2024 menjadi tantangan berat karena pemerintah daerah harus menggeserkan anggaran untuk pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Kabupaten Garut.

Selain itu, ia mengucapkan terima kasih kepada anggota DPRD Kabupaten Garut atas persetujuan kenaikan tunjangan kinerja daerah bagi camat sebesar 12%. Menurutnya, kenaikan ini sangat penting mengingat disparitas tunjangan camat di Kabupaten Garut dengan Kabupaten Bandung.

“Karena camat sekarang ini di Kabupaten Bandung sudah 27 juta, jadi kalau seandainya di Pasirwangi hanya 9,5 juta, di (Kecamatan) Ibun 27 juta, maka sekarang kita naik menjadi 11 juta rupiah, masih jauh di bawah Ibun di Kabupaten Bandung,” lanjutnya.

Ia juga mengapresiasi kenaikan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bersumber dari APBN, dengan kenaikan sekitar 8,5%. Rudy Gunawan memastikan bahwa pemerintah daerah telah mempertimbangkan dan menandatangani kenaikan tunjangan penggunaan transportasi dan komunikasi.

“Dan tentu kami juga sudah menandatangani dan mempertimbangkan adanya kenaikan tunjangan penggunaan transportasi, dan komunikasi yang sudah saya tanda tangani,” lanjutnya.

Acara berlangsung penuh makna, menandai akhir kepemimpinan Rudy Gunawan dan dr. Helmi Budiman yang telah memberikan kontribusi besar bagi Kabupaten Garut selama satu dekade.

Pian